Buat yang Masih Bingung! Ini Penjelasan Drama Korea The King Eternal Monarch (Last Update 13/6/2020 - 16 Episode)

The King Eternal Monarch adalah drama bergenre fantasi bertema dunia paralel karya Kim Eun-Sook yang sebelumnya telah melahirkan karya-karya fenomenal seperti Descendant of The Sun (DOTS), Goblin, The Heirs, Mr. Sunshine, Secret Garden dll.

The King Eternal Monarch bercerita tentang Kaisar Korea bernama Lee Gon yang mencoba menutup pintu ke dunia paralel yang dibuka oleh iblis yang dilepaskan dewa ke dunia manusia dan seorang detektif bernama Jung Tae-eul yang mencoba melindungi banyak orang dan seseorang yang ia cintai (Wikipedia).

Pemeran
Lee Min-ho sebagai Lee Gon (Kaisar Corea)
Kim Go-eun sebagai Jung Tae-eul (Polisi di Korea) / Luna (Kriminal di Corea)
Woo Do-hwan sebagai Jo Eun-seob (Warga di Korea) / Jo Yeong (Kapten Pengawal di Corea)
Kim Kyung-nam sebagai Kang Shin-jae (Polisi di Korea)
Jung Eun-chae sebagai Goo Seo-ryeong (Perdana Menteri di Corea)
Lee Jung-jin sebagai Lee Rim (Pangeran di Corea)

Penjelasan Alur Cerita The King Eternal Monarch
Zaman dahulu kala, Raja Sinmun dari Dinasti Silla (Dinasti di drakor Queen Seondeok) mendapat hadiah seruling sakti dari raja Naga Laut Timur. Seruling tersebut diberi nama Manpasikjeok. Dikatakan seruling itu sangat sakti, jika ditiup seruling tersebut bisa menyembuhkan penyakit, menghilangkan bencana, menurunkan hujan dll.

Selanjutnya di drama diperlihatkan pada akhir tahun 1994 Lee Rim yang merupakan kakak tiri Kaisar melakukan pemberontakan dan merebut Manpasikjeok dari Kaisar Lee Ho. Kaisar Lee Ho tewas karena ditusuk oleh Lee Rim. Putranya Lee Gon yang masih berusia 7 tahun (8 tahun di umur Korea) mendengar suara seruling Manpasikjeok dan menuntunnya ke Istana tempat terjadinya pemberontakan. Lee Gon terkejut melihat ayahnya yang sudah tergeletak bersimbah darah tak bernyawa. Lee Gon yang marah mencoba membunuh pamannya itu dengan mengangkat pedang yang telah dipakai untuk membunuh ayahnya. Lee Rim mencoba menahan pedang itu akibatnya Manpasikjeok terbelah dua dan tangannya tergores ujung pedang. Lee Rim menusuk leher Lee Gon dengan potongan Manpasikjeok yang runcing namun digagalkan oleh seseorang berbaju hitam yang tiba-tiba masuk dan terjadilah baku tembak dengan pemberontak. Singkat cerita Lee Rim dan pengawalnya berhasil kabur, Lee Rim hanya membawa 1 potong Manpasikjeok karena potongan lainnya disembunyikan oleh Lee Gon. Orang berbaju hitam mendekati Lee Gon dan memastikan kalau Lee Gon masih hidup. Lee Gon yang setengah sadar tak sengaja menjatuhkan ID card orang itu dan ternyata ID card itu milik Letnan Jung Tae-eul.

Lee Rim yang bingung melarikan diri tanpa sengaja menemukan portal dan ia masuk kedalamnya. Ternyata portal tersebut merupakan gerbang penghubung antara 2 dunia berbeda. Yaitu Kekaisaran Corea tempat dia tinggal dan Republik Korea. Singkat cerita Lee Rim menjadi penduduk Korea karena tak sengaja bertemu seseorang yang mirip dengan kaisar Lee Ho dan menemukan fakta bahwa Lee Rim juga ternyata memiliki semacam kembaran di Korea. Akhirnya Lee Rim membunuh mereka semua termasuk kembaran Lee Gon di Korea dan hanya menyisakan ibu si anak.
25 tahun berlalu kini Lee Gon yang sudah menjadi kaisar Corea tak sengaja menemukan portal itu setelah sebelumnya ia mengikuti Luna yang memakai kostum kelinci. Lee Gon tiba di Korea dan menemukan fakta bahwa ia barusaja masuk ke dunia paralel.

A. HAL-HAL YANG TELAH TERUNGKAP
1. Kisah Manpasikjeok
Di pembukaan episode Lee Rim membahas tentang kisah Manpasikjeok, dan itu memang nyata dari sejarah. Perlu diketahui Kisah ini terjadi di tahun 682 sedangkan kemunculan dunia paralel di drama ini diperkirakan terjadi pada tahun 1600an. Diceritakan dahulu kala Kerajaan Silla dalam keadaan darurat karena sering mendapat serangan negara tetangga. Kemudian Raja Sinmun bermimpi aneh, ia bertanya kepada cenayang tentang arti mimpinya itu. Cenayang menjelaskan kalau mendiang Raja Munmu ingin memberikan hadiah. Kemudian Raja Sinmun pergi ke laut timur (Raja Munmu = Ayah Raja Sinmun yang menurut legenda dia menjadi Raja Naga Laut Timur), ia menemukan pulau yang menyerupai kura-kura dan diatasnya terdapat pohon bambu ajaib. Bambu ajaib itu sangat aneh karena jika siang hari ia terbelah dan bersatu lagi pada malam hari. Ternyata bambu itu memikili filosofi yang sama saat kita bertepuk tangan. satu tangan tidak sanggup berbunyi, sedangkan dua tangan akan mengeluarkan bunyi. Atas saran dari seekor naga, akhirnya pohon bambu ajaib tersebut dibuat seruling manpasikjeok. Seruling tersebut ternyata efektif, dan membuat kerajaan menjadi damai.

2. Kunci memahami Drama ini adalah ‘Dunia Paralel’. Apa itu Dunia Paralel?
Drama ini mengambil teori tentang dunia paralel yang tercipta dari keputusan yang kita buat sehingga menciptakan kemungkinan lain jika itu terjadi. Contoh nya jika kita bingung pergi liburan ke Bali atau Bandung dan kita memutuskan kalau kita akan pergi liburan ke Bali. Maka bayangkan terciptalah dunia alternatif lain jika kita memilih liburan ke Bandung. Dengan timeline waktu yang sama kita di masing-masing dunia membuat sejarah hidup kita yang berbeda. Dan hal itu pasti berpengaruh pada masa depan kita. Dan tentunya di masing-masing dunia mau itu nyata dan alternatif akan memiliki perbedaan masa depan karena pilihan yang kita buat.

Nah mengapa di drama ini memiliki 2 dunia yang berbeda?
Di episode 3-4 (episode 2 versi full) Lee Gon membeberkan perbedaan kedua dunia tersebut. Lee Gon mengatakan kalau perbedaan sejarah mereka dimulai dari masa Putra Mahkota Sohyeon. Di sejarah Putra Mahkota Sohyeon meninggal di usia muda sedangkan di Corea dia tetap hidup dan menjadi Kaisar selanjutnya (Kaisar Yeongjong) dan menghentikan invasi Dinasti Qing (Cina)

Siapa Putra Mahkota Sohyeon?
Putra Mahkota Sohyeon (1612-1645) adalah putra pertama dari Kaisar Injo pada Donasti Joseon. Legenda menceritakan bahwa Putra Mahkota Sohyeon meninggal misterius diduga karena di bunuh oleh ayahnya karena diduga Putra Mahkota Sohyeon pro-Qing (pro ke Dinasti Cina). Lalu kaisar Injo menunjuk pangeran Agung Bongrim sebagai Putra Mahkota baru (kemudian ia menjadi kaisar Hyojong). Dan mungkin awal mula perbedaan dunia di drama ini ada pada rentang waktu 1612-1645.

3. Hal-hal yang terjadi di 2 dunia paralel
Di drama ini juga digambarkan kembaran masing-masing tokoh yang hidup dengan profesi atau sifat  berlawanan. Contohnya Jo Yeong di Corea memiliki sifat dingin tapi di Korea sebagai Jo Eun-seob dia memiliki sifat yang ceria. Contoh lainnya keluarga kerajaan di Corea tentunya hidup makmur namun berbanding terbalik dengan kehidupan mereka di Korea.

Korea dan Corea juga memiliki ibukota yang berbeda. Seperti yang kita ketahui bahwa ibukota Korea adalah Seoul. Sedangkan Corea memiliki beragam ibukota, diantaranya ibukota kebudayaan di Busan, ibukota politik di Seoul, dan ibukota Ekonomi di Pyongyang. Jika di Korea ada Korut dan Korsel maka di Corea hanya ada Utara dan Selatan. Selain itu,di Korea patung Laksamana Yi Sun-sin berada di Seoul sedangkan di Corea ada di Busan. Mengapa demikian? menurut Lee Gon hal itu terjadi karena dulu Corea sempat berkonflik dengan Jepang. Lalu pada tahun 1945 kakeknya, Raja Hae-jong mendeklarasikan monarki konstitusional (Kerajaan Corea saat ini). Hal itu menyebabkan lokasi istana utama yang harus dipindahkan ke kota Busan, sedangkan parlemen berada di Seoul. pindahnya ibukota ke Busan bermaksud agar kerajaan yang paling dulu menghadapi perang dan itu sebabnya mengapa patung laksamana Yi Sun-sin berada di Busan.

Siapa Laksamana Yi Sun-sin?
Dia adalah pahlawan nasional Korea yang berjasa menumpas serbuan pasukan Jepang yang menginvasi dalam perang tujuh tahun pada masa dinasti Joseon.

Tentang Monarki Konstitusional
Korea pada jaman dinasti Joseon memiliki bentuk pemerintahan Monarki Absolut. Itu artinya bahwa kekuasaan suatu negara dipegang oleh seorang Raja atau Kaisar dan kekuasaan tersebut tidak terbatas. Pada tahun 1897 Raja Go-jong memproklamasikan bahwa dinasti Joseon berubah menjadi Kekaisaran Korea dan ia juga merubah bentuk pemerintahan yang tadinya Monarki Absolut menjadi Monarki Konstitusional. Itu artinya bahwa Raja hanya berperan sebagai Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan, serta kekuasaan Raja dibatasi oleh UUD atau konstitusi tertentu. Namun pada tahun 1910 Kekaisaran Korea dicaplok oleh Kekaisaran Jepang dan memulai kekuasaan Jepang hingga 35 tahun sampai akhirnya Korea berhasil merdeka pada 15 Agustus 1945 hingga sekarang dikenal dengan nama Republik Korea.

4. Fakta tentang portal penghubung antara Corea dan Korea
Mungkin diantara kalian ada yang bertanya, mengapa waktu Lee Rim dan Lee Gon selalu tiba-tiba terhenti. Itu terjadi karena hal tersebut menjadi penanda bahwa salah seorang diantara mereka sedang  melewati portal. Bahkan Lee Gon menghitung waktu tersebut dengan bilangan Euler (dilambangkan dengan e yaitu bilangan yang menghitung laju perubahan, bilangan ini sama pentingnya dengan bilangan 0, 1, i, π)

Diperlihatkan bahwa ternyata saat melewati portal terdapat suatu daerah luas dengan filter berwarna pink di antara kedua dunia. Lee Gon menjelaskan bahwa daerah tersebut tidak bisa dijelaskan dalam sains, namun mungkin saja itu adalah daerah legenda. Di tempat itu waktu berhenti tak terkecuali pada jam tangan Lee Gon. Satu menit di daerah tersebut sama dengan 1 jam di luar portal. Itu sebabnya pada saat Lee Rim kembali ke Korea terlihat dia membetulkan jam tangannya.

Lee Gon juga berkata jika nanti ia sudah menyelidiki sampai ujung dari daerah pink ini, dia akan menceritakannya pada Tae-eul

5. Hubungan Manpasikjeok dengan Detail Drama
Tanpa kita sadarai banyak sekali detail yang merujuk pada Manpasikjeok, diantaranya:
Letak Kerajaaan di wilayah Busan, di drama sendiri diperlihatkan bahwa ada sebagian wilayah Busan yang menghadap ke arah Laut Timur (Laut Jepang). Lantas apa hubungannya dengan manpasikjeok? Di drama di sebutkan Manpasikjeok sendiri diketahui didapat dari Raja Naga Laut Timur. Kemudian tempat adanya portal adalah di hutan bambu, yang mana diketahui menurut sejarah Manpasikjeok berasal dari bambu. 

6. Tentang Lee Rim
Salah satu anak buah Lee Rim yang dahulu ikut pemberontakan diperlihatkan mempunyai sebuah perpustakaan, sedangkan ia di versi Korea adalah sekretaris sekaligus supir Lee Rim. Bahkan keduanya tahu keberadaan masing-masing.

Di episode 13-14 (episode 7 versi full) terungkap alasan Lee Rim melakukan kudeta adalah untuk merebut Manpasikjeok dari Raja dan Lee Gon menduga suatu saat Lee Rim pasti akan kembali melakukan kudeta untuk merebut potongan Manpasikjeok yang berada di tangannya. Jika kita ingat kembali kata-katanya saat mengecat kembali kuil yang mulai pudar, seorang biksu bertanya mengapa Lee Rim melakukan pekerjaan ini padahal dia sudah hidup berkecukupan. Lee Rim menjawab bahwa dengan mengecat kuil itu dia bisa membuat sejarah baru, sejarah atas dirinya sendiri. Dari semua itu dapat kita simpulkan bahwa tujuan utama Lee Rim bukanlah untuk menjadi Raja Corea namun dia ingin mencatatkan dirinya sebagai sejarah baru bagi 2 dunia dan menjadi 'Dewa' sebagai penentu nasib seseorang.

Lee Rim membunuh satu per satu orang di Corea dan mengganti mereka dengan kembarannya dari Korea begitupun sebaliknya. Lee Rim merekrut mereka dengan iming-iming kekayaan dan hidup mewah. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa karakter di 2 dunia memiliki kehidupan berbeda. Sebagai contoh di episode 9-10 (5 versi full) Lee Rim mengiming-iming hidup mewah kepada seorang ibu hamil yang miskin di Korea tapi merupakan seorang konglomerat di Corea. Namun syaratnya dia harus membunuh wanita yang tinggal di Corea agar mendapatkan semua kekayaannya. Itu bisa menjadi alasan agar nantinya ia memiliki dukungan kuat jika kelak melakukan kudeta di Corea.

Ternyata tujuan utama Lee Rim adalah untuk hidup abadi (Eternal). Dan di episode 9 versi full terungkap alasan mengapa Lee Rim tidak menua meskipun telah 25 tahun berlalu. Alasannya karena Lee Rim memanfaatkan Area Pink. Bayangkan saja 1 Jam di dunia nyata/paralel = 1 menit di Area Pink. Menurut perhitungan 25 tahun di dunia nyata/paralel = 5 bulan di Area Pink. 5 bulan ini adalah hasil akumulasi waktu tiap dia pergi ke daerah pink. Mengapa hasil akumulasi? Karena seperti yang kita tahu Lee Rim sering bolak balik ke Corea-Korea untuk merekrut calon antek-anteknya jadi tidak mungkin dia hanya berdiam diri di area pink selama 5 bulan untuk menghabiskan waktu.

Setelah sampai di episode 15-16 (8 versi full) ternyata keadaan 2 dunia sudah sangat berbahaya. Bagaimana tidak? Lee Rim sudah banyak mencampur-campur orang, mulai dari orang biasa hingga konglomerat. Oleh karena itu kita bahkan tidak tahu berapa banyak orang yang telah Lee Rim rekrut mengingat 24 tahun telah berlalu semenjak ia meninggalkan Corea.

Karena Asisten/Sekretarisnya di Korea sudah terbunuh akibat bertukar identitas dengan si pemilik toko buku Eosu akhirnya posisinya digantikan oleh manager Baek (si ibu yang ditolong Lee Rim saat pesta ultah anaknya yang pakai kursi roda).

Di episode 11 versi full terungkap bahwa Perpustakaan/ Toko Buku Eosu milik antek-antek Lee Rim adalah salah satu markas rahasia Lee Rim, kemudian terlihat pula pelabuhan serta tempat pengolahan garam juga merupakan markas Lee Rim di Corea. Sedangkan markas Lee Rim di Korea adalah sebuah apartemen (tempat ibu Lee Gon versi Korea tinggal), serta Panti Jompo.


Kasus yang berhubungan dengan Rencana Lee Rim
Lee Sang-do
Bisa dikatakan ini merupakan pendekatan awal para detektif untuk menguak kasus Lee Rim. Sebuah petunjuk yang hanya di ketahui Tae-eul adalah tentang nama Lee Jong-in (Pangeran Buyeong) dan oleh karena itu dapat disimpulkan kalau rekaman tersebut berasal dari Corea. Di episode 13-14 diperlihatkan Lee Sang-do Korea sedang menyamar menjadi seorang yang bekerja di pacuan kuda kerajaan Corea. Dari hal ini dapat kita simpulkan bahwa yang meninggal adalah Lee Sang-do versi Corea. Setiap anggota rekrutan memiliki 2 ponsel salah satunya ponsel 2G dan didalamnya terdapat rekaman berita. Jika sebelumnya aku menyimpulkan bahwa berita tersebut merupakan kode rahasia, maka terungkap di episode 15-16 (8 versi full) bahwa itu semacam informasi bagi calon rekrutan agar mengetahui keadaan di lapangan serta informasi siapa orang-orang berpengaruh yang berada di sekitarnya.
Kang Shin-jae dan ibunya
Tentang ibu Kang Shin-jae, di Korea dia adalah seorang penjudi namun di Corea dia adalah seorang mata-mata Lee Rim yang berkedok sebagai pelayan istana. Di salah satu scene diperlihatkan ketika ibu Kang Shin-jae versi Corea sedang terburu-buru menyelinap ke perpustakaan milik anak buah Lee Rim. Dia bahkan sering mengirimkan pesan informasi kepada Lee Rim diantara buku-buku disana. Terlihat pula seorang anak jalanan yang sedang bermain yoyo didepan perpustakaan itu. Kalau kalian ingat, anak tersebut versi Korea lah yang menyebabkan Jeong Tae-eul kehilangan kartu tanda pengenalnya.
Di episode 15-16 (8 versi full) terungkap bahwa Kang Shin-jae berasal dari Corea. Sejak kecil Kang Shin-jae telah dibawa oleh Lee Rim sebagai pengganti Kang Shin-jae versi Korea yang sakit. Dari hal ini dapat kita simpulkan kalau dulu Ibu Kang Shin-jae Corea sangat miskin kemudian Lee Rim mengiming-iming kekayaan padanya dengan syarat agar menyerahkan anaknya agar dapat hidup mewah di Korea (dulu orang tua Kang Shin-jae Korea sangat kaya namun bangkrut karena penggelapan ayahnya) kemudian ibu Kang Shin-jae Corea bersedia dan akhirnya ia sendiri menjadi mata-mata Lee Rim.
Di episode 10 versi full terungkap bahwa ibu Lee Gon Korea dulunya adalah pembantu di rumah ibu Kang Shin-jae Korea. Selain itu terungkap pula nama asli Kang Shin-jae saat masih tinggal di Corea yaitu Kang Hyun-min.
Di episode 13 versi full diketahui Ibu Kang Shin-jae Corea mendapatkan misi terakhir dari Lee Rim yaitu membunuh Lee Gon dengan racun. Namun Ibu Shin-jae Corea tidak ingin dirinya terlibat lagi dengan Lee Rim, maka dari itu dia meminum racun tersebut dengan harapan jika ia tidak selamat maka ia pikir itu merupakan karma baginya dan jika ia selamat maka ia ingin bertemu langsung dengan raja dan mengakui segala perbuatannya. Ia ingin anaknya tidak dilibatkan dalam penghianatan Lee Rim oleh karena itu dia membelot ke kubu Lee Gon. Mungkin kedepannya dia akan membantu Lee Gon dalam menangkap Lee Rim.

Kasus Pembunuhan di Apartemen
Di episode 15-16 (8 versi full) diperlihatkan dengan mudahnya sekretaris Korea Lee Rim masuk ke penjara untuk menemui calon rekrutan yang membunuh teman sekamarnya karea telah mendengar isi rekaman dari ponsel 2G nya. Si sekretaris juga mengancam akan melenyapkan dia semudah dirinya memasuki penjara ini untuk menemuinya. Dari scene ini dapat disimpulkan bahwa Lee Rim juga memiliki anggota yang berperan sebagai 'orang dalam' di kepolisian Korea yang mungkin akan memberikan dukungan untuk memuluskan segala rencananya.
Dan di episode 11 versi full akhirnya si pembunuh apartemen dibunuh oleh sekretaris (Asisten) Lee Rim namun mereka menyembunyikan fakta seolah si pembunuh apartemen ini bunuh diri.

7. Makna Bunga
Bunga yang dibawa Lee Gon di akhir episode 10
Di akhir episode 10 dipelihatkan scene Lee Gon datang menemui Tae-eul dengan membawa seikat bunga berwarna biru. Menurut informasi nama bunga tersebut adalah ‘Forget-me-not’. Seperti namanya bunga tersebut memiliki makna yang mendalam yakni ‘jangan lupakan aku’. Namun ada juga sumber yang mengatakan kalau ini adalah bunga Delphinium. Bunga ini merupakan simbol keceriaan, keterbukaan, dan optimisme. Dahulu kala, bunga ini diberikan kepada orang-orang yang merasa sedih agar cepat kembali gembira. Di episode 11 terungkap bahwa Lee Gon yang datang saat itu adalah Lee Gon dari masa depan.

Si ‘bunga’ yang membingungkan
Saat Tae-eul pertamakali ke Corea, dia membeli bibit bunga yang kemudian sebagian dia taburkan di Area pink. Di awal-awal bunga ini diterjemahkan sebagai bunga ‘Imajiner’ namun di episode 13 versi full diterjemahkan menjadi Lily Ajaib. Jadi bunga ini seperti apa?
Jika dilihat dari kemasan tertulis huruf china '相思花' (Xiangsi hua) yang berarti bunga Akasia namun dalam bahasa korea bisa diartikan menjadi 상사화 atau Lily Ajaib. Namun ketika kita mencari nama Lily Ajaib di google. Akan muncul 2 bunga berikut.
Dan yang menurutku sesuai dengan kemasan adalah gambar no.1, namun banyak yang bilang gambar no.2. Gambar no 1 disebut sebagai Magic Lily dan Gambar no. 2 disebut sebagai Lily laba-laba merah (Jika kalian menonton anime Kimetsu no Yaiba pasti kalian tidak asing dengan bunga ini). Bunga Lily laba-laba merah sering dikaitkan dengan lambang kematian dan menurut legenda bunga ini tumbuh dimana 2 orang akan berpisah untuk selamanya. Sedangkan Bunga Magic Lily atau Lily ajaib disebut juga bunga kebangkitan atau bunga kejutan. Tae-eul juga melambangkan bunga ini sebagai bunga harapan. Bunga Lily ajaib ini sangat relate dengan kaleng Bir 'RISE' yang dibawa Luna saat menemui Lee Gon. Yang mana Rise berarti bangkit, naik, muncul, mulai dll.

Bunga Plum
Tae-eul menemukan hadiah dari Lee Gon yaitu berupa kalung dengan liontin bunga Plum. Apa makna dari bunga Plum ini?
Bunga ini menjadi simbol kekuatan dan kesetiaan. Mungkin lewat bunga ini Lee Gon ingin menggambarkan sosok Tae-eul yang kuat dan nantinya ia akan setia menunggu kedatangan Lee Gon walaupun terpisahkan oleh jarak dan waktu.

8. Kepala pelayan Noh adalah berasal dari Korea?
Di scene akhir episode 12 versi full kepala pelayan Noh mengobrol bersama dengan Tae-eul. Kemudian beliau menyebutkan silsilah keluarganya dan terungkap bahwa Kepala pelayan Noh berasal dari provinsi Hwanghae. Namun yang membuatku terkejut adalah pertanyaan Kepala pelayan Noh tentang bagaimana akhir perang yang terjadi pada bulan Juni 1950.

Yang dimaksud perang pada bulan Juni 1950 adalah Perang Korea. Menurut sejarah, Perang Korea yaitu perang saudara antara Korut dan Korsel yang menewaskan banyak sekali orang-orang. Perang ini terjadi pada tanggal 26 Juni 1950, 5 tahun setelah Korea merdeka dari Kekaisaran Jepang.

Dari pertanyaannya aku dapat menyimpulkan kalau Kepala Pelayan Noh berasal dari Korea. Mengapa? Itu karena Kepala pelayan Noh mengetahui tentang sejarah Korea. Sedangkan di drama kita tahu bahwa di Corea tidak pernah ada perang yang berujung pemisahan antara Korut dan Korsel yang ada hanya penyebutan wilayah Utara dan Selatan. Dan juga diperlihatkan kalau Kepala pelayan Noh sering membaca buku puisi ‘Azaleas’ karya Kim So-wol yang mungkin mengingatkan dirinya dengan kampung halamannya (Korea Utara saat masa penjajahan Jepang). FYI Kim So-wol dan Kepala pelayan Noh sama-sama berasal dari Korea Utara.
Di episode 13 versi full terungkap bahwa Kepala Pelayan Noh berasal dari Korea. Di episode ini dijelaskan bagaimana Kepala pelayan Noh bisa sampai di Korea. Kepala Pelayan Noh bilang waktu itu terdengar bunyi tembakan yang terdengar seperti petir kemudian terbukalah pintu neraka dikala dia sedang menangis karena orang tua dan saudaranya gugur dalam perang Korea. Kemudian seseorang muncul, dia adalah Kakek Lee Gon (Raja Haejong). Ia  mengajaknya pergi ke dunia tanpa perang. Saat itu kepala pelayan Noh hanya membawa sebuah buku berjudul ‘꽃내달진’ (Judul buku puisi Kim So-wol antara tahun 1925) tanpa tahu bahwa ia takan pernah kembali ke kampung halamannya.

Mangkuk di atas Tempayan
Pertamakali di notice saat Lee Gon akan pergi berperang dengan Jepang di perairan Corea. Jika kalian menonton Crash Landing on You pasti kalian merasa tidak asing dengan adegan ini. Di ceritakan waktu itu diam-diam Kapten Ri dan anak buahnya mengantarkan Yoon Se-ri ke perbatasan Korut dan Korsel kemudian mereka tiba di suatu desa yang terletak di zona demiliterisasi. Mereka beristirahat di sebuah rumah, di depan rumah tersebut terdapat tempayan tua yang diatasnya terdapat mangkuk yang sudah terbelah. Kemudian diceritakan kalau mangkuk itu digunakan untuk mendoakan anak pemilik rumah yang pergi berperang ketika perang Korea di tahun 1950.
Sebenarnya ini merupakan sebuah petunjuk besar bahwa Kepala pelayan Noh berasal dari Korea. Seperti yang kita tahu bahwa kepala pelayan Noh pergi dari Korea saat perang Korea di tahun 1950 dan orang-orang di korea khususnya di daerah Korea Utara melakukan ritual mangkuk yang diisi air ini untuk mendoakan sanak saudara mereka yang ikut berperang agar dapat kembali dengan selamat. Saat Kepala pelayan noh bertanya tentang akhir perang Korea, aku jadi tersadar kalau selama ini Kepala pelayan Noh bukan saja mendoakan keselamatan Lee Gon, tapi mungkin juga ia mendoakan keselamatan keluarganya di Korea sana. Selain untuk mendoakan keselamatan, mangkuk air ini melambangkan kesedihan, ketidakberdayaan, kerinduan, penantian dan harapan.
Di drama digambarkan mangkuk air putih diatas nampan berwarna merah. Mungkin dapat diartikan sebagai doa untuk keselamatan Lee Gon dan pengikutnya dari takdir yang membahayakan yang berkaitan dengan Lee Rim.

9. Kenapa Tae-eul dan Kepala Pelayan Noh tidak merasa terbakar ketika ada petir?
Di episode 12 juga terungkap fakta bahwa ternyata yang memiliki tanda terbakar bukan hanya Lee Gon dan Lee Rim. Namun semua orang yang telah melewati portal antara 2 dunia. Namun mengapa Tae-eul dan Kepala pelayan Noh tidak demikian?
Di episode 13 versi full terungkap bahwa tanda tersebut akan muncul untuk orang-orang yang kembarannya telah dibunuh.

10. PM Koo benar-benar ke korea
Di episode ini terjawab pula jika Koo Eun-A telah dibunuh. Jasadnya disembunyikan di kamar mayat panti Jompo Yangsun. oleh sebab itu ketika ada petir PM Koo selalu merasa kesakitan. Sejak awal PM Koo sepertinya memang sudah ditargetkan untuk menjadi rekrutan Lee Rim karena dulunya  orang tua PM Koo adalah pengikutnya, namun mungin berhenti setelah Lee Rim menjadi penghianat.. Spekulasi ini diperkuat oleh Lee Rim yang sering kali menemui ibu PM kemudian ia seperti memberikan semacam petunjuk pada PM lewat Koran dengan alamat rumah ibu PM. Mungkin Lee Rim mengiming-iming sesuatu yang membuat PM tertarik mengingat dia adalah orang yang ambisius. Lagipula sejak awal Lee Gon  sepertinya sudah menyadari ambisi PM ini, terbukti ia telah mewanti-wanti PM agar tidak salah langkah. Dan sepertinya PM Koo memang berniat untuk memihak kubu Lee Rim.

11. Kang Shin-jae asli ternyata masih hidup
Jadi spekulasi ku di minggu kemarin ternyata benar, Kang Shin-jae asli masih hidup dan dia saat ini berada di panti jompo Yongsan. Terungkap pula dulunya ayah Kang Shin-jae mengelola panti jompo ini sebelum kemudian panti jompo tersebut di ambil alih oleh Lee Rim. Ayah Kang Shin-jae tahu keberadaan dunia lain karena mungkin dulunya ia hampir direkrut Lee Rim. Namun Ayah Kang Shin-jae tidak mengetahui kalau anaknya telah ditukar dengan dengan Kang Hyun-min (Kang Shin-jae saat ini) karena Lee Rim hanya memberi tahukan kalau dirinya bisa menyembuhkan Kang Shin-jae.

Lee Rim juga menyadari bahwa awal keretakannya/ kesalahannya adalah dengan membawa Kang Hyun-min ke Korea yang tidak ia sangka malah berbalik melawannya.
Lee Rim juga memanggil Kang Shinjae (Kang Hyun-min) ke markas Lee Rim. Lee Rim meminta agar Kang Shin-jae merebut potongan manpasikjeok milik Lee Gon atau membunuh Lee Gon, namun jika Kang Shin-jae tidak melakukannya Lee Rim mengancam akan menyakiti kedua ibunya.

12. Filosofi Cermin
Masih ingat di episode 1-2 (1 versi full) ketika Luna pertama muncul saat kompetisi dayung. Lee Gon mengejar Luna namun ia kehilangan jejaknya, sesaat Lee Gon terpaku menatap bayangannya yang terpantul di kaca sebuah gedung. Berdasarkan sifatnya, cermin akan selalu memantulkan cahaya. jika kita bercermin, kita akan melihat potret kehidupan diri kita sendiri sesuai dengan keadaan sesungguhnya karena pada hakikatnya fungsi cermin adalah untuk menampilkan bayangan diri kita agar kita dapat memperbaiki apa yang perlu di perbaiki. Sebetulnya ada 2 arti yang dapat aku tangkap dari adegan ini:
Yang pertama bahwa mungkin saja dari pantulan cermin tersebut menandakan bahwa ada 2 kehidupan yang sama persis seperti yang tercermin dalam kaca tersebut. Dalam artian adanya dunia lain yang mirip dengan dunianya saat ini. Dan ini memang sudah terjawab dengan adanya Korea dan Corea.
Yang kedua mungkin dengan adanya pantulan Lee Gon di cermin menandakan bahwa dia harus memperbaiki sesuatu yang salah. dalam artian dia harus memperbaiki suatu kejadian yang terjadi pada dirinya di masa lalu. Apa yang kamu pikirkan saat membaca ini? kalau teori ini benar, aku pikir ini adalah clue tentang siapa yang menyelamatkan Lee Gon kecil di masa lalu.

Di episode sebelumnya (13 versi full) terungkap bahwa Lee Gon dewasa lah sosok penyelamat Lee Gon kecil saat pemberontakan di episode 1. Hal ini diketahui dari Outfit serba hitam hadiah dari Tae-eul karena menurut Tae-eul kehadiran Lee Gon ini sangat mencolok, jadi dengan outfit serba hitam diharapkan agar keberadaan Lee Gon sendiri tidak terlalu mencolok. Kemudian ID card Tae-eul yang baru, ia dapatkan dari Luna. Lee Rim sendiri rupanya telah menyadari bahwa Lee Gon dewasa lah yang telah menggagalkan rencana kudetanya dulu.
Namun sepertinya alur ini jadi berubah karena paradox dari Time travel. Kenapa demikian?

Saat si anak Yoyo bertemu Lee Rim dia bilang “Tampaknya hal-hal di duniamu terus berubah”. Dari yang aku tangkap disini sepertinya Time Travel yang dilakukan oleh Lee Gon menciptakan sebuah paradox yang mengubah masa depan.

14. Hal-hal yang terjadi di episode 14 dan 15 
Di episode ini satu persatu pertanyaan kita terjawab sudah. Dibawah ini merupakan fakta dan hal-hal yang telah terjawab diantaranya :

Sebelumnya kita menyebut anak yoyo sebagai dewa penyeimbang, namun setelah aku menonton kedua episode ini akhirnya aku menyimpulkan kalau anak yoyo adalah jelmaan dari Manpasikjeok. Hal ini diperkuat oleh pernyataan anak yoyo tersebut kalau dirinya “memberitahukan adanya bahaya dan mengusir musuh” yang mana adalah fungsi dari manpasikjeok sendiri. Kemudian diperkuat kembali dengan pernyataan bahwa si anak tersebut ingin menyelamatkan dirinya hingga menjadi satu-satunya di kedua dunia.

Si anak Yoyo  menyebutkan jika kedua potongan mapasikjeok ada dalam satu dimensi maka akan menciptakan sumbu ruang dan waktu secara bersamaan, itu artinya 2 orang yang membawa potongan tersebut bisa melakukan time travel. Ini menjelaskan bagaimana Lee Gon bisa kembali ke tahun 1994 saat terjadinya kudeta hingga ia menyelamatkan Lee Gon Kecil saat itu. Namun masa lalu ikut berubah karena Lee Rim juga menyadari fakta bahwa Lee Gon dari masa sekarang (2020) yang menggagalkan kudetanya di tahun 1994. Bersamaan dengan Lee Gon akhirnya ia menyadari bahwa dirinya juga bisa melakukan Time Travel. Konsepnya sudah aku jelaskan di update 31/5/2020 namun tentunya ada beberapa yang salah dari spekulasi minggu kemarin. Jika masih bingung, begini jelasnya :
Di episode 1 diperlihatkan sebuah kudeta yang dilakukan oleh Lee Rim, namun kudeta tersebut gagal karena munculnya Sang Penyelamat. Saat itu Lee Rim tidak tahu kalau sosok penyelamat itu merupakan Lee Gon dari Masa depan.

Namun kemudian di episode 13 diperlihatkan kalau Lee Rim akhirnya mengetahui sosok penyelamat Lee Gon kecil adalah Lee Gon dewasa, maka dari itu Lee Rim juga melakukan Time travel agar dapat membantu dirinya di masa lalu untuk memenangkan kudeta. Disini mungkin terjadi perbedaan dengan masa lalu di episode 1. Namun ini tetap atas kehendak si Anak Yoyo terbukti dari cahaya di bangunan yang berputar-putar mirip Yoyo.
Lee Rim 2020 gagal memperingatkan dirinya di masa lalu karena Lee Rim 1994 sangat percaya bahwa rencananya akan berjalan mulus tanpa arahan dari Lee Rim 2020 dan Lee Rim 2020 berakhir dibunuh oleh Lee Rim 1994. Karena Lee Rim 1994 tidak mengikuti saran dari Lee Rim 2020 untuk membunuh putra mahkota (Lee Gon kecil) terlebih dahulu akhirnya Lee Gon 2020 berhasil menyelamatkan keadaan seperti yang terjadi di episode 1. Bedanya saat ini Lee Rim 1994 sudah mengetahui siapa yang menggagalkan kudetanya hingga menyadari kebodohan dirinya karena membunuh Lee Rim 2020 dan tidak menuruti sarannya. Akibat kejadian ini tentunya masa depan Lee Rim sedikit berubah, Lee Rim pasti akan mengantisipasi segala kejadian ini. Kita tunda pembahasan ini, mari kita fokuskan dulu dengan apa yang terjadi dengan Lee Gon.

Lee Gon 2020 berhasil mengatasi kudeta seperti di episode 1, namun ia kehilangan Lee Rim. Diperlihatkan juga bahwa putra sulung pangeran Buyeong (Lee Seung Hoon) merupakan salah satu pengkhianat yang membantu Lee Rim kabur dari istana. Lee Gon 2020 menembak kaki Lee Seung-heon, dan otomatis masa depan Lee Seung-heon jadi berubah (di 2020 versi upgrade, Lee Seung-heon jadi pincang).

Namun karena Lee Gon 2020 kembali ke tahun 1994, Manpasikjeok miliknya menjadi pudar/retak (ini terjadi juga pada Lee Rim). Mengapa? Karena saat ini Lee Gon ada di masa yang bukan semestinya dan saat ini Manpasikjeok ada ditangan Kepala pelayan Noh 1994 atau Lee Gon kecil. Jadi agar manpasikjeok dapat kembali ke wujud semula (tidak pudar atau retak) Lee Gon harus ada di tahun 2020. Akibatnya Lee Gon 2020 terjebak di tahun 1994 dan karena ia tidak mempunyai manpasikjeok ia tidak bisa langsung kembali ke tahun 2020, ia hanya bisa berpindah Corea-Korea dari tahun 1994 hingga berangsur-angsur tahun berubah menjadi tahun 1995, 1996 dst. Jika di totalkan Lee Gon 2020 harus ada di area pink selama kurang lebih 4 bulan untuk mencapai tahun 2020. Sembari menghabiskan waktu untuk mencapai 2020, Lee Gon 2020 memilih untuk merubah masa depan dengan mengunjungi Jo Yeong beserta Tae-eul dkk mulai dari tahun 1994, hingga 2019. Bersamaan dengan itu ingatan setiap orang ikut berubah sesuai dengan apa yang dilakukan Lee Gon pada masa itu. Bahkan perjalanan cinta Tae-eul dan Lee Gon di 2019-2020 juga berubah.
Dari scene ini Lee Gon 2020 seperti mengatur skenario agar Lee Gon 2019 bisa menemukan portal 2 dunia lewat Luna yang memakai jaket kelinci, dan ternyata Lee Gon 2020 sendiri yang memasukan kartu masuk pacuan kuda di jaket kelinci tersebut. Itu sebabnya Luna bisa masuk ke area pacuan kuda kerajaan. Dan untuk sementara hingga episode 15 dapat dipastikan Luna adalah Doppelganger dari Tae-eul.

Kembali ke Lee Gon 2020, akhirnya ia tiba di masa yang semestinya (2020). Untuk mengembalikan kehidupan orang-orang yang telah berpindah Korea-Corea hingga menimbulkan permasalahan yang semakin rumit, Lee Gon memutuskan kalau dirinya harus kembali ke tahun 1994 dengan merubah tujuan sebelumnya. Jika sebelumnya tujuannya adalah untuk menyelamatkan Lee Gon kecil maka tujuannya sekarang adalah menangkap dan membunuh Lee Rim 1994 pada saat kudeta agar dunia kembali normal dan berjalan masing-masing.  Namun tentu resikonya sangat besar, bisa saja Lee Gon kecil meninggal dan membuat Lee Gon 2020 menghilang.
Kembali ke Lee Rim di tahun 2020 versi upgrade, tapi bukankah Lee Rim 2020 telah meninggal karena dibunuh Lee Rim 1994? Jadi Lee Rim yang saat ini ada di tahun 2020 di episode 15 adalah Lee Rim 1994 yang telah membunuh Lee Rim 2020 dan telah melewati masa seperti Lee Gon 2020 yang harus berdiam diri di area pink. Kenapa ia tidak meninggal? Tentu karena Lee Rim telah mengetahui tindakannya di masa lalu. Ia tidak ingin mengulangi kesalahan yang telah di perbuatnya di tahun 1994 yang menebas leher Lee Rim 2020. Nah karena Lee Rim telah mengantisipasi hal ini, otomatis Lee Rim menghindari untuk pergi ke masa lalu karena Lee Rim 2020 versi upgrade tidak ingin meninggal di tangan Lee Rim 1994.

Di episode 15 terungkap alasan Lee Rim bekerja sama dengan PM Koo. Awalnya Lee Rim ingin memanfaatkan kedudukan tinggi PM Koo dan ambisi nya menjadi Ratu, namun karena Lee Gon membongkar kebusukan PM Koo akhirnya PM Koo tidak bisa mempertahankan kekuasaannya ataupun menjadi ratu. Dan akhirnya Lee Rim juga mencampakan PM Koo karena PM Koo sudah tidak berguna.

Terungkap pula tujuan Lee Rim tidak membunuh Song Jong-hye (ibu Lee Ji-hun) adalah kerena Lee Rim akan membawa Song Jong-hye di upacara peringatan kematian Ratu terdahulu kemudian memperlihatkan pada semua orang bahwa Song Jong-hye adalah Ratu yang hidup kembali. Kemudian mengumumkan adanya dunia paralel lewat acara itu. Namun Lee Rim lengah, rencananya gagal karena Song Jong-hye memasukan racun ke makanannya dan akhirnya ia meninggal.

Lee Rim yang marah karena rencananya berantakan akhirnya memutuskan untuk menemui Lee Gon. Singkat cerita Lee Rim tertangkap atas kerjasama dari Trio Corea (Lee Gon, Jo Yeong, dan Kang Shin-Jae). Terungkap bahwa portal hanya dapat dibuka oleh Lee Gon dan Lee Rim dengan manpasikjeok masing-masing. Kenapa? Karena dulu saat terbelah, tangan Lee Rim tergores pedang dan darahnya menetes ke potongan manpasikjeok Lee Rim, dan potongan manpasikjeok Lee Gon terkena darah Lee Gon saat Lee Rim mencoba menusuk leher Lee Gon menggunakan manpasikjeok tersebut. Lee Gon juga membuka portal lain apabila ia membawa 2 potongan manpasikjeok yang artinya portal tersebut adalah portal yang pernah Raja Haejong gunakan untuk membawa kepala pelayan Noh. Namun portal tersebut tidak bisa digunakan untuk Time Travel karena sebelum portal tersebut terbuka tidak terdengar suara suling (ini mengacu pada Lee Gon kecil yang mendengar suara suling saat kudeta).
Ingat kata-kata Tae-eul yang intinya kita harus meretakan sesuatu (lupa di episode berapa). Mungkin maksudnya adalah retakan 2 dunia yang mulai hancur karena hilangnya keseimbangan 2 dunia. Jadi intinya untuk membereskan masalah ini perlu adanya retakan/kehancuran yang lebih besar. Ternyata Lee Gon juga berpikiran demikian. Dengan fakta bahwa portal Time Travel hanya bisa dibuka dengan sebelah manpasikjeok akhirnya Lee Gon mengambil resiko untuk tetap membuat retakan dan memakai potongan manpasikjeok miliknya.
Menggunakan dokumen dari Corea
Singkat cerita akhirnya Kang Shin-jae membawa Lee Rim ke Korea untuk diintrogasi sekaligus melancarkan misi Time travel Lee Gon, Kang Shin-jae membawa potongan manpasikjeok Lee Rim. Kemudian Lee Gon memulai misinya untuk kembali ke masa lalu, sebelum pergi ia menemui Kepala pelayan Noh dan terungkap bahwa Lee Gon telah mengetahui kalau kepala pelayan Noh berasal dari Korea sejak membaca buku puisi Kim So-wol karena lagu pengantar tidur yang sering dibacakan kepala pelayan Noh ada di dalam buku tersebut. Alasan Lee Gon tidak mengungkapkannya adalah karena ia takut Kepala pelayan Noh meninggalkannya.

Saat Lee Gon tiba di hutan bambu, Jo Yeong meminta agar Lee Gon mengikutsertakan dirinya untuk membantu menyukseskan misi tersebut. Kemudian mereka sepakat untuk pergi ke masa lalu bersama.
Oh iya, kita kembali dulu pada saat Luna dan Tae-eul berhadapan di gedung kosong. Luna tidak berniat untuk benar-benar membunuh Tae-eul bahkan Luna juga memberitahukan adanya bahaya pada ayah Tae-eul. Disini aku menyimpulkan bahwa Luna hanya menginginkan kehidupan Tae-eul yang dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya. Saat berhadapan dengan Luna, Tae-eul mengatakan kalau dirinya seperti melihat cermin kemudian tak lama kemudian Tae-eul dan Luna sama-sama mengangkat tangan mereka dengan posisi seperti cermin kemudian waktu terhenti karena Lee Gon datang dari portal dan tiba di tahun 2020. Scene ini mengingatkan ku pada episode 1 saat Tae-eul melihat bayangan Luna di cermin dan di episode ketika Eun-seob merasakan panas saat kopi Jo Yeong tumpah. Sama seperti kejadian tersebut, Tae-eul dan Luna juga terhubung karena Lee Gon melewati portal.
Mungkin ada yang belum mengerti kenapa PM mengatakan bahwa ibunya harus menjawab ‘ikan makarel’ saat dirinya bertanya lauk yang ibunya makan. ‘ikan makarel’ adalah kode bahwa ibunya saat ini adalah ibu aslinya. Namun di episode 15 saat PM ko memastikan ibunya tidak di tukar, ibu PM Koo tidak menjawab ‘ikan makarel’. PM Koo amat terkejut karena ibunya telah ditukar.
Dan yang menyebabkan kecelakaan Lee Se-jin sepertinya adalah ibu hamil yang berasal dari Korea. Hal ini diperkuat dari scene waktu berhenti yang memperlihatkan Lee Rim menaiki mobil yang di dalamnya terdapat pemilik toko buku eosu dan si ibu hamil. Terlihat dari wajahnya, ibu hamil tersebut tidak terdapat luka-luka (ibu hamil dari Corea terdapat luka-luka dari KDRT suaminya).

Kemudian scene saat bunga biru pemberian Lee Gon perlahan memudar aku pikir ini merupakan efek time travel Lee Gon. Karena masa depan telah berubah, eksistensi bunga itu menjadi tidak ada karena Lee Gon tidak bisa memberikan bunga itu pada Tae-eul di masa lalu. Oleh karena itu Tae-eul menyadari kalau dirinya harus mengikuti jejak Lee Gon. Tae-eul meminta bantuan pada Luna untuk menggantikan dirinya selama ia tidak ada. Tak lupa ia meminta Kang Shin-jae untuk memberikan potongan manpasikjeok milik Lee Rim kepadanya dan Tae-eul menggantikan peran Kang Shin-jae untuk membawa Lee Rim ke portal.

15. Phone Case Jung Tae-eul 
Ada yang memperhatikan Phone Case milik Jeong Tae-eul yang bertuliskan 'Back to the Future"? apa itu 'Back to the Future'? Back to the Future merupakan film fiksi ilmiah Amerika Serikat yang dirilis tahun 1985. Film ini menceritakan seorang remaja yang tidak sengaja melakukan perjalanan waktu dari tahun 1985 ke 1955. Dia bertemu orang tuanya di sekolah dan akhirnya dicintai oleh ibunya. Ia sendiri harus memperbaiki kerusakan sejarah dengan membuat orang tuanya saling jatuh cinta dan menemukan cara agar ia dapat kembali ke tahun 1985.

Nah dari deskripsi film tersebut, mungkin ini semacam petunjuk bahwa nantinya Jeong Tae-eul atau siapapun akan melakukan perjalanan ke masa lalu untuk menyelamatkan masa depan yang mulai hancur akibat Lee Rim mencampurkan kehidupan 2 dunia yang seharusnya berjalan masing-masing.

16. Keseimbangan (Yin & Yang)
Yin dan Yang merupakan filosofi tiongkok kuno dengan lambang hitam dan putih membagi suatu lingkaran yang sama rata serta adanya bagian titik hitam dalam bagian putih serta titik putih dalam bagian hitang. Filososfi ini bermakna keseimbangan dan tidak ada yang lebih dominan. Yin dan Yang diibaratkan sesuatu yang berlawanan namun hal tersebut menciptakan suatu keseimbangan. Dalam Yin (Gelap) melambangkan sesuatu yang lambat, lembut, pasif, dingin dan basah. Yin erat kaitannya dengan air, bumi, bulan, feminitas dan malam hari. Sedangkan Yang (Terang) melambangkan sesuatu yang cepat, keras, padat, panas dan kering. Yang erat kaitannya dengan api, langit, matahari maskulinitas dan siang hari.

Bendera Korea
Yang pertama akan aku bahas adalah mengenai lingkaran yang terletak di tengah bendera Korea yang menurut sejarah juga terinspirasi dari Yin dan Yan. Lingkaran tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar. Bagian berwarna biru ‘Yin’ melambangkan prinsip negatif yang berarti harapan sedangkan bagian berwarna merah ‘Yang’ melambangkan prinsip positif yang berarti bangsawan. Hal tersebut dapat diartikan sebagai simbol keseimbangan dan harmoni, sekaligus asal semua makhluk dan sumber jiwa manusia.

Lantas apa hubungannya dengan drama ini?

Doppelganger
Seperti yang pernah aku bahas sebelumnya, setiap kembaran/doppelganger masing-masing dunia memiliki perberbedaan sifat ataupun kehidupan. Contohnya Jo Yeong memiliki sifat dingin (Yin) dan Jo Eun-seob memiliki sifat yang ceria (Yang).


Merah sebagai pertanda sesuatu?
Pernahkah kalian sadari jika warna merah sering kali muncul di scene-scene tertentu. Bahkan sering kali Lee rim diperlihatkan mengaduk-aduk cat warna merah dan ini seringkali di kait-kaitkan dengan darah para korban pembunuhan akibat dari rencana Lee Rim. Warna merah ini kian dominan saat memasuki episode 8 hingga berakhirnya episode tersebut. 

Jadi apa arti warna merah ini? Menurut artikel yang aku baca dalam warna merah dalam sisi positif memiliki arti berani, gairah, semangat dll. Tetapi dalam sisi negatif dapat diartikan sebagai bahaya, perang, darah, api, dll.
Seluruh scene ini berasal dari Eps 8
Masih di awal episode 8 versi full, jika kamu ingat obrolan Lee Rim dengan mantan bodyguardnya yang membicarakan tentang Luna. Lee Rim bilang ia ingin bertemu dengan Luna dan membawanya ke Korea (mungkin untuk menggantikan Tae-eul). Bisa diartikan saat ini Tae-eul sedang dalam bahaya karena Lee Rim berencana untuk menggantikan dia dengan Luna. Selanjutnya saat Tae-eul mengingat percakapannya dengan istri Lee Sang-do terlihat ada sesuatu benda yang berwarna merah dibelakang istrinya. Kita ketahui bahwa Lee Sang-do telah membunuh kembaranya di Corea dan mungkin warna merah ini suatu pertanda yang dulu belum kita sadari. Perhatikan foto kembaran ibu hamil yang memakai baju merah, saat ini nyawanya sedang terancam karena sewaktu-waktu bisa segera digantikan oleh kembarannya dari Korea. Perhatikan juga baju ibu Kang Shin-jae Korea dan Resto antek-antek Lee Rim, keduanya memiliki unsur merah. Kenapa? episode ini menunjukan bahwa mereka pernah menggunakan 'Jasa' Lee Rim. Kemudian PM yang sering kali memakai sesuatu berwarna merah entah itu baju, mobil, atau apapun. Untuk PM mungkin hal tersebut bisa diartikan sebagai gairahnya dalam berpolitik. Namun seperti kata PM “sesuatu yang berulang itu merupakan suatu pertanda atau kode” Jadi mungkinkah PM atau ibunya sedang dalam bahaya? Ataukah ini merupakan suatu kode dari Lee Rim agar PM mengetahui tentang adanya Dunia paralel?

Dapat aku simpulkan warna merah disini bisa jadi merupakan suatu pertanda akan adanya bahaya  atau sesuatu yang berkaitan dengan Lee Rim.

Teori Balon Merah
Balon digambarkan sebagai  benda yang dipegang kemudian dilepaskan pergi. Terry Pratchett, penulis asal inggris mengungkapkan makna balon yakni “Ada waktunya dalam kehidupan, seseorang tahu kapan tidak melepaskannya. Balon dirancang untuk mengajarkan anak-anak kecil tentang hal ini”. Menurut artikel yang ku baca, balon disimbolkan sebagai seseorang yang mencoba menahan sesuatu, namun dapat pula menandakan kesiapan untuk melepasnya. Makna melepaskan tersebut adalah melepaskan masa lalu yang buruk dan siap menghadapi masa kini yang harus dijalani lebih baik. Selain itu, balon yang dilepaskan dapat diartikan sebagai harapan. Balon juga dapat disimbolkan sebagai perdamaian seperti yang dilakukan di vatikan pada 2015.

Karena warna merah di drama ini sebelumnya diartikan sebagai takdir yang berbahaya. Jadi, mungkin maksud dari balon merah ini adalah harapan dari Lee Gon sendiri untuk segera menemui takdirnya namun berbahaya. Ini seperti merujuk pada obrolan pangeran buyeong dan Lee Gon tentang takdir saat di tepi laut di akhir episode 9 versi full, Lee Gon bertanya apakah pangeran Buyeong percaya adanya takdir, atau haruskah ia menentangnya. Pangeran Buyeong menjawab “Tidak ada yang tahu jalan kehidupan, tapi jika ada sesuatu yang ingin kau raih meski hidupmu terancam bahaya, itu dinamakan takdir. Langkah yang kau ambil dengan mempertaruhkan hidupmu itulah yang namanya takdir. Apa kau punya tempat yang ingin kau raih? Jika begitu, kau hanya perlu pergi ke sana tanpa menentangnya, aku harap ada wanita cantik yang menunggumu disana”.
Di foto tersebut banyak sekali balon yang berterbangan. Seperti yang kita ketahui di episode 10 versi full Lee Gon terlihat sering kali tidak pulang ke istana dalam selama berhari-hari. Mungkin saja selama ini ia melakukan percobaan dengan menggunakan balon.

Ada juga scene saat Jo Eun-seob membawa balon merah, menurutku itu adalah sebuah pertanda takdir berbahaya yang akan menimpanya setelah dia sampai di Corea. Dan benar saja di episode 10 versi full Eun-seob tertembak namun untunglah dia selamat. 

Biru Juga pertanda sesuatu?
Di spekulasi sebelumnya aku pernah menjelaskan tentang detail warna merah yang sering kali muncul dan diartikan sebagai kode bahaya yang berkaitan dengan Lee Rim, namun ternyata tanpa aku sadari warna biru pun sering muncul walaupun tidak terlalu dominan dan kadang selalu berdampingan dengan warna merah. Awal mulanya warna biru disebutkan oleh Lee Gon saat menjelaskan detail mengenai baju yang Tae-eul kenakan di foto ID card barunya. Karena Tae-eul dianggap sebagai sosok penyelamat, maka aku menyimpulkan warna ini sebagai penyelamat(pelindung) atau sebagai kontra dari teori warna merah. Jika diperhatikan Tae-eul juga sering memakai sesuatu yang berwarna biru. Adapun seragam kepolisian Korea yang warnanya dominan biru dan juga angkatan laut yang disebut juga dengan ‘NAVY’.

Petir
Menurut artikel yang aku baca tentang legenda petir dalam kepercayaan Tiongkok, petir adalah sosok seorang dewi khayangan yang berbusana biru, hijau, merah dan putih dengan membawa sebuah cermin yang memancarkan 2 sinar atau kilatan cahaya. Atau mereka juga percaya bahwa petir terjadi karena gesekan antara hawa Yin dan Yang. Hawa Yin berasal dari bumi dan hawa Yang dari langit, dua pusat energi ini bergesekan maka timbulah ledakan petir.
Mungkin ini alasan mengapa setiap ada petir muncul suatu tanda mirip dengan akar.

Kehawatiran tentang Teori Merah
Sekali lagi teori merah diperkuat oleh Jo Yeong yang terkena tembakan setelah mengejar PM Koo  menggunakan Mobil berwarna merah. Dan jika kalian ingat Pangeran Buyeong menginggal setelah mengambil buku berwarna merah

17. Anak Yoyo
Permainan Yoyo
Yoyo memiliki 2 sisi yang terhubung dan diikat oleh benang, hal ini melambangkan 2 dunia yang terikat oleh benang merah yang berarti takdir. Ketika anak tersebut memainkan Yoyo dapat diartikan sebagai 2 dunia yang terhubung dan berputar pada porosnya untuk menciptakan suatu keseimbangan, Yoyo yang naik dan turun bagai kesenangan dan kesedihan datang silih berganti dan hal itu dikendalikan oleh takdir berbahaya yang berkaitan dengan Lee Rim. Kita juga mengetahui kalau anak tersebut versi Korea yang menyebabkan Tae-eul kehilangan ID Cardnya.
Perhatikan juga bajunya yang berwarna merah. Di spekulasi sebelumnya aku menyebutkan kalau warna merah merupakan suatu pertanda akan adanya bahaya atau sesuatu yang berkaitan dengan Lee Rim. Dan anak tersebut benar-benar membawa Tae-eul pada takdirnya. Menurutku anak Yoyo tersebut memang dapat diartikan sebagai pembawa takdir.

Mari kita ingat kembali episode 2 saat Lee Gon menjelaskan teori paralel pada Tae-eul di kantor polisi dan bandingkan dengan warna Yoyo yang sering dimainkan oleh si anak Yoyo.
Jika kita perhatikan kembali warna Yoyo tersebut sama dengan warna layar yang ada di depan Tae-eul saat interogasi Lee Gon di Korea. Saat Lee Gon menjelaskan teori dunia paralel, Tae-eul seperti tersihir dengan hal itu dan membuat ia kehilangan fokus.

Jika kita perhatikan kembali di title trailer. Lihatlah pada lingkaran putih dibawah ini.
Di foto tersebut terlihat seorang anak yang berada di tengah jembatan. Jika diperhatikan lagi mungkin saja itu anak Yoyo. Jika itu benar, maka sudah jelas anak Yoyo ini juga berperan sebagai penjaga keseimbangan antara 2 dunia.

King Arthur
Pertamakali nama King arthur disebut oleh Jo Eun-seop. Kemudian di episode selajutnya anak Yoyo terlihat membaca novel King Arthur. Dan sepertinya cerita tentang King Arthur memang akan mempengaruhi sebagian besar pertarungan antara Lee Gon dan Lee Rim.

Alice in Wonderland

Kisah Alice in Wonderland terlihat jelas di awal-awal episode. Yaitu saat Lee Gon mengejar Luna yang memakai hoodie kelinci. Dan saat Tae-eul berada di Corea. Dikisahkan nama Alice sangat terkenal di wonderland karena menurut ramalan nantinya orang yang bernama Alice akan datang dan menyelamatkan mereka. Begitupula dengan Tae-eul, orang-orang di istana yang dia tanyai tau akan dirinya karena ID card sang penyelamat yang terjatuh. Kemudian di Alice in Wonderland juga ada seorang antagonis yang bernama Red Queen. Dan di drama ini juga terdapat antagonis yang menggunakan warna merah sebagai simbol kejahatannya.

18. Rasi bintang Gemini
Gemini dilambangkan dengan 2 orang kembar. Orang-orang dengan bintang Gemini dipercaya memiliki 2 kepribadian, yakni terang dan gelap, positif dan negatif dll (Yin dan Yang). Sejarah rasi bintang Gemini bercerita tentang 2 orang kembar bernama Castor dan Pollux yang merupakan anak dari Zeus. Castor dan Pollux tumbuh bersama bahkan semua aktivitas mereka lakukan bersama dan mereka saling menyayangi. Dikarenakan kebersamaan yang erat, keduanya dikenal dengan satu nama yaitu Dioscuri. Walaupun begitu keduanya memiliki keahlian yang berbeda. Sayangnya dalam suatu pertempuran, Castor yang tidak abadi tewas sedangkan Pollux diangkat ke langit. Dikarenakan tidak ingin Castor masuk ke tempat Hades (Dewa kegelapan dan Neraka), Pollux meminta Zeus untuk mengangkat Castor dan tetap menjadikannya sebagai seseorang yang akan terus berada disampingnya. Zeus menyetujui dan mengangkat Castor serta Pollux ke langit. Zeus menjadikan keduanya sebagai bintang yang tidak terpisahkan dengan rasi bintang Gemini.
Rasi bintang gemini menggambarkan bahwa walaupun Tae-eul dan Luna adalah 2 orang yang berbeda, namun mereka tetap akan membantu satu sama lain.

19. Review Episode 16 *Update 13/6/2020
PERHATIAN : Untuk yang belum menonton episode terakhir dan tidak suka spoiler diharap tidak melanjutkan membaca poin ini.
 
Di episode ini kita dapat melihat 3 karakter utama yaitu Lee Gon, Jo Yeong dan Jung Tae-eul mencoba menyelamatkan masa depan. Lee Gon dan Jo Yeong pergi ke tahun 1994 untuk menghentikan kudeta Lee Rim. Sedangkan Jung Tae-eul menahan Lee Rim di area pink.
Awalnya Lee Gon tidak ingin Jo Yeong ikut terlibat menghadapi musuh di Istana (tempat terjadinya kudeta) namun setelah pembicaraan yang cukup emosional akhirnya Lee Gon mengizinkan Jo Yeong untuk ikut serta memberantas musuh di istana. Rencana mereka cukup berjalan lancar, para pemberontak satu per satu mulai berjatuhan namun Manpasikjeok yang masih utuh jatuh ke tangan Lee Rim kemudian ia kabur dan Lee Gon mengejarnya. Lalu apa yang terjadi dengan putra mahkota? Ia selamat berkat Jo Yeong, namun Jo Yeong terluka parah (udah nangis-nangis disini).
Di area pink, Lee Rim 2020 dengan percaya diri menganggap bahwa dirinya di masa lalu berhasil mendapatkan Mapasikjeok, Tae-eul mencoba menembak Lee Rim 2020 namun tidak berhasil karena di area pink tidak ada udara, waktu dll. Bersamaan dengan itu bunga Lily ajaib yang Tae-eul tanam di pot bunga mulai tumbuh dan hal ajaib pun terjadi di area pink, Tae-eul berhasil menembak Lee Rim tepat di dadanya. Kelopak bunga Lily ajaib berguguran menghujani area pink tersebut (dan area pink Lee Gon) seolah menghapus kedua tempat ajaib itu (pembahasan tentang bunga ini ada di poin 7). Bersamaan dengan hal itu juga Lee Gon memenggal kepala Lee Rim, akibatnya Lee Rim 2020 di area pink menghilang dan Tae-eul menyadari kalau Lee Gon berhasil.
Yang mengejutkan, ternyata anak Yoyo memiliki wujud dewasa. Yaitu orang yang pernah membuly Kang Shin-jae saat masih SMA. Sejak awal ternyata dia memang ikut campur dalam kehidupan 2 dunia tentu dengan tujuan agar kehidupan 2 dunia dapat berjalan semestinya. Dari awal aku memang sudah curiga dengan wujud dewasa si anak Yoyo karena dia sering sekali disorot tanpa alasan, aku kira dia akan menjadi antek-antek Lee Rim namun ternyata dia adalah wujud dewasa dari anak Yoyo tersebut. Anak Yoyo memberikan hadiah kepada mereka yang telah berkontribusi menyelamatkan 2 dunia (Lee Gon, Jo Yeong dan Tae-eul) dengan tidak menghapus ingatan mereka tentang adanya dunia paralel.
Kehidupan 2 dunia menjadi normal dan berjalan masing-masing. Sejarah pun ikut berubah karena meninggalnya Lee Rim yang merupakan variabel penghubung setiap kejadian pencampuran 2 dunia. Di dunia versi baru ini Lee Ji-hun yang meninggal karena Lee Rim pun masih hidup dan menjadi seorang tentara AL. Kang Hyun-min (Kang Shin-Jae) tidak ditukar dan hidup di Corea menjadi seorang polisi. Luna yang tidak memiliki identitas ditakdirkan untuk bertemu dengan keluarga PM Koo, akhirnya ia menjadi adik angkat PM Koo dengan nama Koo Seo Gyeong sekaligus menjadi polisi di Corea dan berteman dengan Kang Hyun-min. Sedangkan PM Koo menjadi tahanan dan sepertinya dia belum pernah menjadi PM sebelumnya.
Namun apa yang terjadi dengan Lee Gon? Karena gerbang Korea-Corea tertutup, dengan menggunakan kekuatan Manpasikjeok ia mencari gerbang Korea dengan Tae-eul yang ia kenal. Dari scene ini kita mengetahui ternyata banyak dunia paralel lain yang mirip dengan Korea hingga membuat Lee Gon menghabiskan banyak waktu untuk membuka gerbang Korea yang ia cari selama ini. 2 tahun di dunia berlalu akhirnya Lee Gon menemukan gerbang menuju ke Korea dan ia menemukan Tae-eul yang ia kenal.
Bermacam-macam manusia di dunia lain yang memiliki wajah sama dengan Tae-eul
yang dicari-cari akhirnya ketemu setelah sekian purnama
Jo Yeong masih hidup, ia lega membaca sejarah Corea yang sudah berubah.
yang sebelumnya dikira udah ...
Happy Ending ditutup dengan Lee Gon dan Tae-eul yang menjadi Time Traveler. Mereka bersenang-senang pergi ke waktu tertentu di seluruh dunia paralel.
Kejadian saat Tae-eul pertamakali ke Corea terhapus dan diganti dengan scene dibawah. Jo Yeong diberikan perintah untuk mengatasi kejadian ini persis dengan waktu itu.
Oiya, Lee Gon juga menyelamatkan Kang Shin-jae asli dari kecelakaan, dan di tahun 2022 Kang Shin-jae asli menjadi seorang pewaris perusahaan. Kenapa keluarganya tidak bangkrut? Keluarga Kang Shin-jae bangkrut karena ayahnya bertemu dengan Lee Rim, terbukti Lee Rim juga mengambil alih panti jompo Yangsun yang pernah dikelola ayahnya.
Tahun 2022 di Korea Jo Eun-seob menjadi anggota NIS dan ia telah menikah dengan Myeong Na-ri, sedangkan di Corea sepertinya Jo Yeong dan Myeong Seung-a menjadi sepasang kekasih.
Jangan lupakan Sekretaris Mo, di tahun 2022 dia menjadi PM.

B. KUMPULAN PUISI DI BUKU "AZALEAS"  KARYA KIM SO-WOL
Hal ini bermula saat Lee Gon bertanya siapa nama orang yang sering dipanggil Hyung oleh Jeong Tae-eul. Tapi Tae-eul malah balik bertanya nama Lee Gon (waktu itu Tae-eul masih memanggil Lee Gon dengan sebutan Kim Gae-ddong karena Lee Gon menolak untuk menyebutkan namanya). Namun Lee Gon masih kekeh dengan pendiriannya kalau namanya tidak bisa di panggil (karena dia adalah Raja, jadi sangat tidak sopan memanggilnya dengan nama). Tae-eul bercanda "memangnya kamu Kim So-wol?".

Nah siapa sebenarnya Kim So-wol? Kim So-wol adalah penyair terkenal Korea yang lahir pada tahun 1902 (Zaman penjajahan Jepang). Salah satu karyanya yang ternotice disini adalah "Azaleas" (Bunga Azalea). Sebelum pulang ke Corea, Lee Gon mendatangi perpustakaan dan ia mengambil sebuah buku kumpulan puisi berjudul "Azaleas" karya dari Kim So-wol. Lee Gon membaca puisi "Permohonan Orang Mati/ Chohon/Ritual Pemakaman" berikut terjemahannya

Puisi 1 :
Chohon

Nama yang hancur berkeping
Nama yang berpisah di udara
Nama yang tak ada pemiliknya
Nama yang membuatku mati saat memanggilnya

Aku tak bisa menyelesaikan
kata-kata yang ingin kuucapkan
Orang yang dulu aku cinta
Orang yang dulu aku cinta


Laut Merah yang terlihat di Seosan Maru
Kawanan Rusa yang menangis
Di gunung yang terpisah
Aku yang menyebut namamu 

Aku bernyanyi untuk diliputi kesedihan
Aku bernyanyi untuk diliputi kesedihan
Suara memanggil yang dipantulkan
Tetapi jarak antara langit dan bumi terlalu luas

Bahkan jika aku kembali ke tempat ini dan menjadi batu
Nama yang membuatku mati saat memanggilnya
Orang yang dulu aku cinta
Orang yang dulu aku cinta


Jika diperhatikan, puisi ini ini seolah menolak menyebutkan suatu nama, terlepas dari maknanya tentang seseorang yang meninggal. Dan menurut salah satu blog, puisi ini berhubungan dengan scene saat ritual Chohon di episode 1 (karena judul koreanya adalah Chohon). Di scene itu terlihat seorang yang ada di atap istana sambil berteriak "kembalilah, yang mulia" sambil mengibar-ngibarkan baju yang terkena darah. Chohon dapat diartikan sebagai pernikahan pertama namun maksud Chohon di drama ini merupakan ritual kematian yang biasa dilakukan di korea untuk memanggil jiwa yang telah meninggal

Puisi 2 :
Satu lagi puisi yang berjudul sama dengan bukunya "Azaleas", berikut terjemahannya:
Bunga Azalea

Ketika kamu pergi
Lelah atas diriku
Tanpa kata aku harus membiarkanmu

Aku harus mengumpulkan serangkaian Azalea
Dan menebarkannya di jalan ketika kau pergi

Setapak demi setapak
Bunga menempati langkah-langkah ringan
Selembut seperti kepergianmu

Ketika kamu pergi
Lelah atas diriku
Meskipun aku mati,
aku tidak akan membiarkan satu air mata pun jatuh


Puisi ini bercerita tentang seorang wanita yang melepas kepergian kekasih yang sangat dicintainya, namun ia tidak ingin melepas kekasihnya dengan menangis. Oleh karena itu, ia melepas kekasihnya dengan taburan bunga Azalea. Makna bunga Azalea disini adalah sebagai pelipur lara dari kesedihan si wanita karena kepergian sang kekasih. Bunga ini merepresentasikan rasa cinta dan pengharapan akan kedamaian atas seorang saudara atau orang dicinta yang pergi ke medan perang melawan Jepang.

Adakah scene yang kamu pikirkan ketika membaca puisi ini?
Jawabanku tentu ada, scene saat Tae-eul menaburkan biji bunga Imajiner di daerah pink sebelum Lee Gon pergi ke medan perang untuk mengusir Jepang dari perairan Corea. Sambil menunggu 'kepulangan' Lee Gon, Tae-eul menanam biji bunga imajiner di sebuah pot di dunianya sebagai pelipur lara dan sebenarnya ia tak henti-hentinya mengharapkan kepulangan Lee Gon.

Puisi 3 :
Kemudian di episode 10 versi full muncul kembali puisi Kim So-wol yang juga dibacakan oleh Kepala pelayan Noh. Berikut terjemahannya :

Rumahku

Didasar bukit yang jauh, di lepas pantai
Keras di tepi laut luas
Aku akan membangun, rumahku sendiri
Beserta jalanan lebar di depannya
Mereka yang lewat,
Mungkin saja mampir lalu pergi meninggalkan ku sendiri
Saat hari semakin gelap di ujung jeram,
Aku akan menunggu di gerbang dan cahaya akan tumbuh lebih ringan
Burung dini hari berkicau, dan hari semakin teduh
Dunia menjadi putih, sangat tenang
Sejak pagi yang berkilau datang,
Aku memperhatikan setiap mereka yang lewat
Aku berfikir “apa itu kamu?”, “apa itu kamu?”


Puisi ini dibacakan oleh Kepala pelayan Noh saat scene Lee Gon menyusuri Area Pink untuk menemui Tae-eul. Isi puisi ini persis seperti scene saat Tae-eul menunggu Lee Gon di hutan bambu, berharap Lee Gon datang menemuinya. Dan ternyata Lee Gon benar-benar datang, walaupun sebelumnya Lee Gon berencana untuk hanya menelponnya lewat telpon umum untuk memberitahukan pesan rahasianya di pencarian internet (yang ditunjukan oleh Jo Yeong). Puisi ini juga menggambarkan seseorang yang sabar menunggu kekasih yang tak kunjung menemuinya, bahkan ia rela memperhatikan setiap orang yang ditemuinya di jalan yang sering kekasihnya lalui, dengan harapan tanpa sengaja ia bertemu sang kekasih disana.

Puisi 4 :
Setelah menonton kembali episode awal aku menemukan 2 puisi di buku ‘Azaleas’ yang dengan sengaja/tidak sengaja tersorot sepersekian detik sesaat sebelum Lee Gon membuka halaman puisi 'permohonan orang mati'. Setelah aku terjemahkan ternyata artinya cukup relate dengan alur drama ini. Mari kita simak terjemahannya berikut ini:

Masa depan yang jauh

Jika kau menemukannya di masa depan yang jauh
Saat itu aku berkata, ‘aku telah lupa’

Jika kau terjebak didalam pohon
‘aku merasa kehilangan saat aku menggambar mu’

Jika kau masih terjebak
‘aku telah lupa oleh karena itu aku tidak percaya’

Lupakan hari ini, bukan hari kemarin
Dimasa depan yang jauh ‘aku telah lupa’


Walaupun terdapat kalimat ‘aku telah lupa’ namun sebenarnya puisi ini menggambarkan perasaan seseorang yang saat masih belum bisa melupakan orang yang ia cintai. Puisi ini menceritakan tentang kisah cinta yang datang dan kemudian dihadapkan dengan perpisahan. Dampak perpisahan tersebut sangat besar, semakin besar dampaknya maka dirinya semakin tidak bisa hidup tanpa mengatasinya.

Jika kita lihat puisi ini sangat berkaitan dengan scene terakhir di episode 10 versi full dimana saat itu Lee Gon memberikan bunga dengan warna senada dengan bunga yang ada di halaman ini. Jika dilihat lagi, ternyata bunga tersebut sangat mirip dengan yang Lee Gon berikan pada Tae-eul (Bunga Delphinium). Bunga Delphinium biasanya diberikan pada orang-orang yang bersedih agar cepat kembali gembira. Mungkin Lee Gon bermaksud agar Tae-eul segera melupakan kesedihan karenya dirinya tidak bisa berada di samping Tae-eul. Dari semua penjelasan tadi sepertinya sangat cocok jika kita mengumpamakan tokoh yang tidak bisa melupakan adalah Tae-eul

Puisi 5 :
Kemudian terjemahan puisi dihalaman sebelumnya:
Aku tidak tahu sebelumnya

Bahkan bulan yang terbit setiap malam tanpa musim semi dan gugur
Aku tidak tahu sebelumnya

Bahkan jika aku sangat merindukanmu
Aku tidak tahu sebelumnya

Bahkan jika bulan itu bersinar
Aku tidak tahu sebelumnya

Sekarang bulan sedang terluka
Aku tidak tahu sebelumnya


Jika kalimat ‘aku tidak tahu sebelumnya’ dapat diartikan sebagai sifat acuh tak acuh, maka puisi ini menggambarkan seseorang yang rindu akan kegiatan yang biasanya ia lakukan. Misalkan saat kita mengenang masa sekolah, kita bahkan merindukan suasana yang kita lakukan bersama teman-teman di dalam kelas bahkan kegiatan ‘biasa’ pun kadang kita rindukan. Sama dengan puisi ini, tokoh utama merindukan hal-hal yang ‘biasa’ namun ternyata jika ia kehilangannya hal itu membuatnya rindu.

Puisi 6 :
Kemudian di episode 12 saat Lee Gon dan Tae-eul berfoto di depan gereja, tiba-tiba waktu berhenti dan Kepala Pelayan Noh kembali membacakan puisi di buku "Azaleas", berikut terjemahannya :

Tepi sungai

Kenapa Kau seperti itu?
Kau duduk sendirian di tepi sungai
Ketika tanaman hijau mulai bermunculan
Ketika air bergerak tenang karena angin musim semi
Kau berjanji bahkan jika kau pergi, Kau tak pergi selamanya
Itu yang kau janjikan

Setiap hari aku duduk di tepi sungai
Memikirkan sesuatu tanpa ada artinya
Kau berjanji bahkan jika kau pergi, Kau tak pergi selamanya
Apa kau meminta untuk tak melupakanmu?


Puisi ini menceritakan tentang kesedihan dan kerinduan karena perpisahan dan berharap akan bertemu kembali. Seperti di puisi sebelumnya,  puisi ini juga menceritakan tentang penantian. Scene ini sangat berhubungan dengan makna ost part 11 (My Love - Gummy).

C. OST
I Just Want to Stay With You - Zion.T
Liriknya menggambarkan seseorang yang ingin terus berada di sisi kekasihnya namun jarak memisahkan mereka hingga akhirnya harus menunggu entah sampai kapan mereka dapat bertemu kembali.
Orbit - Hwasa
Liriknya menggambarkan seseorang yang sedang meyakinkan akan terus berada di sisi kekasihnya apapun yang terjadi walaupun harus kembali pada saat yang sama.
Gravity - Kim Jong-wan
Liriknya menggambarkan seseorang yang baru saja mendapatkan cinta namun harus dihadapkan dengan takdir mereka yang berbeda layaknya gravitasi yang saling menarik mereka masing-masing kedalam dunianya.
Maze - Yongzoo
Liriknya menggambarkan perjuangan seseorang yang ingin sekali menemui kekasihnya namun dia tersesat dalam labirin yang ia ciptakan.
I Fall in Love - Ha Sung-woon
Liriknya menggambarkan rasa cinta seseorang pada pujaan hati yang telah disukainya sejak sekian lama, dia ingin melindungi dan terus selamanya berada di samping pujaannya.
Please Don't Cry - Davichi
Liriknya menggambarkan seseorang yang sedang meyakinkan kekasinya agar tidak menangisi perpisahan mereka (karena jarak), dan jika saatnya tiba dia akan berusaha untuk segera menemui kekasihnya
You Can't Stop it From Blooming - Sunwoojunga
Liriknya menggambarkan perasaan seseorang yang terus tumbuh tanpa ia bisa kendalikan namun ia tak bisa melabuhkan perasaannya pada pujaannya karena dinding menjadi penghalang mereka. Namun begitu dia tetap menunggu walau hatinya terasa sakit.
Dream - Paul Kim
Liriknya menceritakan seseorang yang ingin tinggal bersama orang yang dicintainya sampai akhir hayat dan seseorang itu akan menemukan pujaannya dimanapun dia berada.
Heart break - Kim Na Young, Gaeko
Menceritakan tentang kesedihan seseorang karena takdir yang mengharuskan ia tidak menemui kekasihnya lagi. Ia harus menerima kenyataan bahwa ia dan kekasihnya harus terpisahkan oleh dinding penghalang. Namun jika kekasihnya ini menunggunya, ia berjanji akan segera menjempunya.
My Day is full of you - Wendy, Zico 
Menceritakan seseorang yang sangat bahagia bisa bertemu dengan pujaanya yang bagikan mimpi. Hari-harinya terasa indah seolah apa yang dia lihat adalah pujaannya. Bahkan saat ia menyusuri tempat yang jauh yang ia harapkan adalah segera bertemu kembali dengan pujaannya.
My Love - Gummy 
Bercerita tentang rasa cinta yang mendalam namun segalanya berjalan diluar harapan. Selamanya ia akan selalu berada di hati kekasihnya dan di samping kekasihnya. Walaupun suatu saat penantiannya berakhir sia-sia hingga membuatnya putus asa, namun begitu ia akan selalu menyimpan segala kenangan indah saat bersama kekasih yang bagaikan mimpi agar cintanya menjadi abadi.
Quiet Night - Hwang Chi Yeol
Menceritakan tentang seseorang terlalu merindukan kekasihnya bahkan membuat dirinya tidak bisa tertidur. Kekasihnya sangat istimewa karena datang dalam kehidupannya bagaikan mimpi. Ia ingin selalu berada disamping kekasihnya dan itu membuat dirinya nyaman
You are My End and My Beginning – Kim Jae-hwan & Lim Han-byul
Menceritakan kerinduan seseorang kepada kekasihnya. Mereka terpisahkan oleh dunia mereka yang berbeda. Karena rasa cinta yang begitu besar, ia bahkan melawan takdir hanya untuk bersama dengan kekasihnya. Ia bahkan rela menyerahkan segalanya untuk melindungi kekasihnya.

Yang membingungkan :
Yang membuat orang-orang bingung mungkin adalah tidak adanya filter spesifik pada masing-masing dunia. Namun jika kamu lebih jeli, filter kedua dunia agak sedikit dibedakan namun tidak terlalu menonjol. Contohnya saat scene Lee Gon dan Jeong Tae-eul berhadapan perpustakaan. Terlihat perbedaan saat menyorot masing-masing karakter yang seolah berada di satu tempat namun berbeda dunia. Saat kamera menyorot Lee Gon cahayanya menjadi orange dengan nuansa dark sedangkan saat menyorot Jeong Tae-eul cahayanya menjadi putih kebiruan.

D. NOTE :
Walaupun masih ada pertanyaan yang belum terjawab namun syukurlah karena drama ini berakhir dengan Happy Ending.
Menurutku inilah serunya nonton drama ongoing yang bikin 'mikir', tiap minggu kita disuguhkan dengan misteri, rasa penasaran yang kemudian memaksa kita untuk memikirkan hal-hal yang mungkin akan terjadi di episode selanjutnya, dan sensasi yang luar biasa saat apa yang kita pertanyakan sebelumnya terungkap.
Terimakasih karena sudah meluangkan waktu kalian yang berharga untuk membaca berbagai spekulasi ataupun teori yang aku tulis.
Sampai Jumpa di drama 'mikir' berikutnya (kalo ada wkwkwkwkwwk)

Bagi pembaca yang ingin menambahkan silahkan tuliskan di kolom komentar.
Mohon maaf bila terdapat kesalahan, silahkan koreksi di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

217 Responses to "Buat yang Masih Bingung! Ini Penjelasan Drama Korea The King Eternal Monarch (Last Update 13/6/2020 - 16 Episode)"

  1. Terima kasih atas penjelasan, teori, analisis dan dan spekulasi drama TKEM. Ditunggu update-an nya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) siapp... BTW aku baru saja mengupdate artikelnya

      Delete
  2. Terimakasih banyak ya, Baca ini aku jadi tercerahkan. hehe. Btw, di episode 1 itu kan lee gon kecil dateng ke tempat ayahnya dibunuh gara2 denger suara seruling, saking kencengnya suara seruling, lee gon kecil malah ga sadar sama suara tembakan pistol. Nah, yang kita tau sekarang kan suara seruling itu muncul kalau ada orang yang lewat ke portal penghubung. Sementara waktu kejadian raja dibunuh, seruling itu belum dicuri lee rim. Aku butuh pencerahan nih kak soal ini. Gimana menurut kakak, suara seruling itu darimana, gimana, kok bisa bunyi? hehe monmaap ya kak kalau bahasanya belepotan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama 😊 terimakasih sudah membaca.
      Nah iya aku juga lagi mikirin itu tapi belum nemu pencerahan. Sementara aku simpulin itu semacam pertanda bahwa ada sesuatu yang terjadi yang berhubungan dengan manpasikjeok.

      Delete
    2. Kemungkinan ada satu orang lagi yg masuk keportal, apa itu yg jdi penyelamat pas di leegon mau dibunuh itu, dan pertanyaannya siapa orangnya ? Wkwkwkw

      Delete
    3. Nah iyaa... itu juga yang jadi pertanyaan kita selama ini

      Delete
    4. Aku yakin penyelamatnya puta mahkota kecil gak hanya 1 orang, kemungkinan org terdekat lee gon ikut juga bergabung utk time traveller, bisa jadi ikut jo yeong dan sin jae ya min

      Delete
    5. iya bisa jadi sang penyelamat itu 2 orang... secara logika untuk masuk ke istana yang di dalamnya banyak anggota pemberontak nggak mungkin cuma sendirian dan pasti ada yang bantu. ini masih kemungkinan sih wkwkwk

      Delete
  3. Gila sih teorinya keren banget. Hampir semua pertanyaanku dianalisis disini, walaupun belum tentu sesuai dengan jalan cerita kedepannya tapi rasanya sedikit ada pencerahan hehe. Makasih banyak ya, semangat terus buat update nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya barusan aku nonton eps 7(versi full) disitu PM dikirimin koran gitu, nah di scene sebelumnya koran itu dibaca sama orangnya Lee Rim. Hmmm jadi semakin penasaran hubungan Lee Rim sama PM itu apa, btw PM juga sempet ngeliat pantulan dia yg lain di laptop. Disini juga muncul kasus pembunuhan baru yang kayaknya juga di atur sama Lee Rim. Semakin banyak hal yang harus di pecahkan. Ada beberapa orang di Kerajaan Corea yg mencurigakan juga. Udah lumayan berat nih nontonnya harus ekstra fokus

      Delete
    2. Bener juga, hubungan PM Koo sm Lee Rim kayaknya penting, ditambah Lee Rim simpen manpasikjeok di Ibunya PM Koo di Corea.

      Delete
    3. Huum,tadi di eps 8 lumayan ada pencerahan sih walaupun masih bingung juga hubungannya apa, cuman tadi PM akhirnya ngebuka koran setelah dikirim lagi koran yg sama dan ternyata di dalemnya ada wajah yg sama kek PM. Walaupun PM orangnya gitu semoga dia dan ibunya ada di pihak Lee Gon ya, atau seengaknya jangan sampe kegiur buat gabung sama Lee Rim. Btw masih teka teki banget nih sama Luna. Terus di eps terbaru juga akhirnya kita tau kalau Shin Jae ternyata dari kerajaan Corea, kayaknya dulu di bawa pas masih kecil dan Shin Jae yg asli koma/mati. Ibunya pasti tergiur sama penawaran Lee Rim dg alih2 anaknya bisa hidup berkecukupan karna dulu keluarganya Shin Jae masih kaya. Dag Dig dug masa sama Shin Jae, tapi semoga dia di pihak Lee Gon sampe akhir, cuma khawatir aja sih nanti Lee Rim bakalan nggunain ibu aslinya Shin Jae:( oh iya Tae Ul sekarang juga dah mulai paham ya, kalau orang yg ada kaitannya sama Lee Rim itu punya 2 hp yg satunya 2G. Makin greget sih ceritanya, penjelasan di blog ini juga hampir bener, jadi kepikiran endingnya:(

      Delete
    4. baru beres nonton juga nih, ya, mau make sure, ibu yg di perpustakaan tempat lee rim pegang foto shin jae itu jadi ibu aslinya? terus yg di republik korea?

      Delete
    5. Kayaknya Shin Jae yg di republik Korea mungkin udah mati pas setahun koma itu, karna pas Tae Eul nyari Shin Jae di kerajaan Corea ga ada

      Delete
    6. Ibunya Shinjae yang di Korea sendiri bilang kalu Shinjae adalah sebuah keajaiban, entah ortu koreanya ini tahu atau tidak kalau Shinjae di tukar. Tapi mungkin aja mereka tahu, tapi kalau mereka tahu berarti Lee Rim ngungkapin identitasnya ke orang lain yang bukan anteknya. Secara yang kita tahu kalo ibunya Shinjae Korea ini kayak yang gatau menau soal itu. wkwkwk aku belibet ngomongnya

      Delete
    7. Nah bisa juga sih, tapi keajaiban disini juga mungkin karna Shin jae asli udah koma 1 tahun tiba-tiba sadar dan sehat-sehat aja ga sih? Duh pusing wkwkwk. Lee Rim relasinya dan luas banget keknya di dua dunia ini:(

      Delete
    8. Iya di eps terbaru udah jelas kalo kang shinjae asli Corea yang dibawa Lee Rim dan kayaknya ibunya Kang shinjae Korea gak tau kalo anaknya udah di tuker...

      Delete
  4. waw, aku speechless banget asli baca teori ini. kaya dapet pencerahan bgt tp aku takut jg kalo sampe endingnya lee gon gaada. bakalan lebih tragic dari drama goblin. sedih banget :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi aku pikir plotnya bakalan di twist ama time traveller entah siapapun itu. Bahkan dari OST yang udah di analisis semuanya menggambarkan penantian. Mungkin di ending nantinya mereka bakalan ketemu lagi. hmm entahlah

      Delete
  5. Teori ak malahan endingnya Tae-eul bakal jadi PM corea.. 😂

    ReplyDelete
  6. Kak makasii atas pembahasannyaa.... btw aku mau nanya, tae ul ngeliat bayangan luna di spion itu eps brp ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, episod 1 pas dy kena macet setelah ngeliat itu lee gon lewat sama kudanya

      Delete
    2. betul menjelang akhir episode 1 versi full

      Delete
  7. Waw seru nih, spekulasiku dilengkapi oleh teori teori ini. Senang rasanya punya tempat untuk memikirkan hal yang sama .Btw aku mau nambahin,menurutku hal yang bikin Joo Yeong speechless waktu dia ngerasa Jung Tae Eul itu Luna sehingga dia bilang "langitnya runtuh" kurasa kepercayaan dia sama Lee Gon tentang teori dunia pararel, bahwa Lee Gon beneran bawa Tae Eul dari dunia paralel .Karena mau gamau dia jadi mesti percaya bahwa Rajanya memang benar berpetualang antar dunia paralel ditambah lagi Joo Yeong diajakin beneran ngelewatin portal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya betul di episode 13-14 dijelasin juga ama Jo Young nya

      Delete
    2. Dan aku barusan liat spoiler fancam kamera amatir banget beberapa detik di proses shooting, ada adegan lee gon megang seseorang tergeletak (Joo young /Eun sup ) gara gara mau ngehalangin Lee Gon dari tembakan mungkin , sigap banget soalnya bareng pengawal istana lainnya. Berharap antara Joo Yeong sama Eunsup gaada yang mati salah satunya. Admin mau tanya, apakah admin punya teori tentang kenapa ibu Lee Gon korea bilang dia gabisa mati, walaupun mati kalian hidupkan lagi dan disitu diliatin banyaknya bekas sayatan di tangannya.

      Delete
    3. OMG~ aku harap gak ada yang mati, siapapun itu 😭 tapi kalo luka2 gapapa lah biar ada tegangnya...
      Kalo tentang ibu Lee Gon yang gak bisa mati itu kayaknya karena dia diawasi 24 jam sama pengawalnya Lee Rim (di eps berapa gitu lupa, di depan pintu rumahnya bahkan ada 2 pengawal, trus kemana2 dia bareng supir yg setiap saat laporan ke Lee Rim), nah karena itu mungkin tiap dia melakukan percobaan bundir itu langsung ketauan ama bawahan Lee Rim dan langsung di bawa ke RS atau semacamnya jd upaya nya gak pernah berhasil. Untuk sementara mungkin kayak gitu 🤔

      Delete
    4. Curiga ga min kalo sebenernya ibunya lee gon di rep korea itu ternyata ratu kerajaan corea ?.secara mereka ga pernah foto bareng sekeluarga dan saat pemakaman ayah lee gon pun gaada juga

      Delete
    5. Ada kok foto keluarga kerajaannya sekilas waktu episode 8. Waktu ibunya PM Goo mau mastiin dia liat Lee Rim atau bukan dibuku foto keluarga kerajaan disitu ada foto ibunya Lee Gon juga

      Delete
    6. Nah betul... Lee Gon sendiri bilang kalo ibunya udah meninggal jd bisa di pastikan yg di korea itu emang cuma 'kembaran' ibunya

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. Update terbaru nemu di ig pas lg proses suting kalo lee ji hun (LG korea) tnyata masih idup, pake seragam papasan sama JTE gituu ..
      Duh makin pusing aja ni mikir nya, jadi kematiann leejihun di palsukan. Tapi bisa jadi leejihun lah yang nyelametin LG kecil

      Delete
  8. Mantul sist analisisnya,banyak bagian yg sependapat. Menurutku kang shin jae kecil bisa jd dulunya dr corea ga sih? Terus dbawa ke korea untuk mulusin rencana lee lim karna ibunya jd org nya lee lim. Terus yg episod 7 semalem, cewe yg mati dbunuh bukan pm ko di korea ya? Tp temennya yg nemuin itu yg mencurigakan, dy kan jd penjaga istana di corea tp gerak geriknya tuh mencurigakan bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di episode 8 versi full udah di ceritain kalo kang shin jae asalnya dari corea. yang mati dibunuh itu bukan PM versi Korea tapi nggak tau siapa kalo di Corea, alasan dibunuhnya karena dia dengerin isi rekaman dari ponsel 2G nya yang ngebunuh. kembaran si PM masih ada dan kayaknya dia mau direkrut sama Lee Rim.

      Delete
  9. KEREN, TAPI OTAKKU GAK NYAMPE, MALAH PUSING:(

    ReplyDelete
  10. Setelah aku nonton eps 8 versi full kok aku jadi agak melow ya, kebayang sama analisis di blog ini. Hueee keknya emang bakalan ada angst juga ini drama:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sedih dulu, kebanyakan drama KES happy ending, kalo enggak open ending. kita berharap ending terbaik aja hehe

      Delete
    2. Iya sih, aamiin lah, ga tega akutuh kalau harus sedih sedih:")

      Delete
  11. Apa mungkin Jung Tae Eul tidak meninggal ? Mengingat pas di eps.1, dia menginterogasi Lee Lim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa bisa jadi Jung Tae Eul meninggal setelah interogasi Lee Lim

      Delete
    2. Untuk semntara aku jawab kemungkinan itu bisa terjadi, kenapa? Karena kata2 Nari dan juga teori tentang doppelganger itu... bisa jadi nantinya Lee Rim bayarin Luna buat bunuh Tae-eul atau semacamnya... tapi kita juga harus percaya dengan adanya plot twist, bisa jadi itu semua nggak terjadi.

      Delete
  12. setelah baca ini aku malah jadi mikir, kira kira kalo emang dunia paralel ada, aku(dalam dunia paralel) jadi apa?kayak gimana?lagi apa? hahaha astaga. merinding juga ini pas baca ulang puisi kim so wol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu versi dunia paralel di drama ini jadi kayak kebalikan kamu semua wkwkwk...kira2 gambarannya kayak Jo Yeong ama Jo Eun-seob lah 😂
      Aku lebih merinding ama konsep doppelganger sih... ngeri tuh asli 😱

      Delete
  13. Saran min, biar tambah bagus post/ threat ini ditambahin screenshot dari episode biar penjelasannya bisa lebih jelas lagi. Contohnya penjelasan Tae Eul papasan dijalan dengan Shin Jae di KOC (Kingdom of Corea) itu sebenernya "vague" scene, lalu insert screenshot.

    Gitu aja sih, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya mau gitu tapi kebayang nanti bakalan panjang banget 😂 makasih sarannya nanti akan aku coba😊

      Delete
    2. Kalo kepanjangan ada baiknya post ini dibagi jadi beberapa bagian, misal recap, penjelasan beberapa detail (contoh tentang puisi azalea, dll), dan spekulasi / teori. Trus dihubungkan dengan link gitu. Makasih udah reply :)

      Delete
    3. Okelah nanti dicoba kalo lg senggang 😁
      sama2... btw makasih juga sarannya😁

      Delete
  14. akhirnyaa bisa paham drama nyaa😭

    ReplyDelete
  15. Min, aku masih gapaham kalo Manpasikjeok dititipin dirumahnya ibunya si PM Corea kok si Lee Rim masih bisa nyebrang 2 dunia dan ga tua2 yaa??? Terus kalo misal pas nyebrangin portal kan waktunya bakal brenti tuh, tp di masa kecil Lee Gon kok kyknya gapernah dicritain ya kalo dia dulu ngalamin "waktu yg berhenti" thanks minnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan... yg pertama payung itu cuman tiruannya yg kedua diaa motongin lagi manpasikjeoknya (tapi yg ini kayaknya nggak mungkin sih)... entah kenapa dari kejadian ini si Lee Rim kayak yg pengen banget si ibu PM sadar bahwa dia itu 'Lee Rim'...
      Soal yg waktu berhenti itu kayaknya mulai 'aktif' pas Lee Gon bisa masuk juga ke portal penghubung soalnya dulu2 nggak diceritain juga tentang waktu yg berhenti itu...

      Delete
    2. Aku ko jd kepikiran voldemort yg rela bikin 7 horcrux demi kelancaran misi nya, lee rim bisa aja motong sulingnya jd 4 biar dia bisa nyuruh org2nya bolak balik korea-corea . Tp emg sih kalo gini hrusnya saat trhentinya waktu makin sering

      Btw analisismu luwar biasaaaa 😍 makasiih bgt, akhirnya punya tempat buat diskusi setelah skian kali nonton dan uring2an sendiri wkwk briliant banget drama ni kalo aku bilang. Selaluu kagum sama penulis yg punya imajinasi keren.

      Delete
  16. Senang banget bisa ketemu blog ini. Aku suka dengan gaya penulisannya untuk analisis drama. Walaupun panjang tapi runut dan enak dibaca. Mudah dipahami juga. Tetap semangat menulis yaa..Dan semoga drama ini happy ending. Entah gimana merumuskannya supaya bisa happy ending karena karakter utamanya berbeda dunia. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe syukurlah kalo mudah di pahami 😁 semaangaatttt... aku pikir sih bakalan happy ending kalo enggak open ending.. . Dari clue2 yang ada juga sebenernya udah keliatan... cuman ya gitu terlalu dini buat nyimpulin entah itu sad happy atau open ending 🤣 soalnya drama ini juga masih dalam proses syuting jd bisa aja pas syuting eps terakhir naskahnya berubah atau gmna...

      Delete
  17. Menurut kakak, kira2 jalan cerita drama ini ada hubungannya sama cerita king arthur ga yah? Soalnya king arthur beberapa kali dimention di drama ini sama seperti cerita alice in wonderland yang juga dimention beberapa kali. Eun seob selalu panggil lee gon “king arthur”. Terus si yoyo boy juga sebelum dia ngobrol sama luna di depan toko buku kelihatannya lagi baca buku yg covernya ada tulisan “king arthur”. Aku googling sekilas tentang king arthur cari2 apa yg bisa dihubungin sama drama ini tp kayanya otakku ga sampai kak. Hahaha. Jadi aku nunggu tanggapan kakak aja deh kira2 ada hubungannya ga ya kak? Thank you ya kak, aku bisa sharing drama jelimet tp seru ini disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaa bangettt.... cuman aku belum selesai ngumpulin materi buat nyusun teori nya... nanti kalo udah selesai langsung aku upload...
      Sama samaa😊

      Delete
    2. Waaaah asiiiik. Aku pokonya setia nunggu teori2 nya kakak. Gomawo 🤗🤗🤗

      Delete
  18. Terimakasih admin atas penjelasan, analisis, teori, spekulasinya. Akhirnya sedikit paham sama jalan cerita drama TKEM ini yg emang agak berat untuk dipahami, tapi seruuu parah untuk ditonton :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 😁
      Terimakasih telah membaca 😊

      Delete
    2. Ehehehe sama-sama😊
      Ditunggu next review nya yaa😁

      Delete
    3. Okey admin, makasih banyak banyak 😄

      Delete
    4. Hallo admin, makasih buat updatenya😄
      Oiya, apa mungkin ibu Noh datang ke Corea karena raja ke 3? Sebelum lee gon dan lee lim yg tahu portal dua dunia itu, mungkinkah raja sebelumnya juga tahu dan sangat menjaga portal itu. Karena yg saya pahami (eaa) waktu lee gon sering hilang (pergi keluar istana) ibu Noh kayak yg udah tahu kalo rajanya lagi mengejar takdirnya(?). Aduh apasih jadi belibet begini😅 pokoknya menurut kakak-kakak admin bagaimana mengenai hal ini? Pendapatnya mungkin, adakah yg bisa menjelaskan lebih rinci dan lebih bisa dipahami (khususnya buat saya mah) hehe

      Delete
    5. sama sama 😊
      kalo raja ke 3 kayaknya nggak mungkin tapi kalo kakek Lee Gon mungkin aja... tapi aku belum tahu pasti gmna prosesnya ia bisa tiba di Corea...
      trus Lee Rim tau kebenaran itu dari pengalaman ayahnya... Hmmm
      iya dari awal kayaknya dia tau, pas pertama dia ketemu ama tae-eul di istana itu dia kayak yang udah paham kalo tae-eul dari dunia lain.. awalnya dia nggak mau ngungkit-ngungkit ini demi menjaga kerahasiaan portal itu tapi makin kesini kepala pelayan noh kayak yang nggak punya pilihan lain secara musuhnya saat ini udah tau kalo ada portal penghubung ke dunia lain. mungkin nantinya dia bakalan kerjasama dengan tae-eul dan mungkin ada suatu rahasia lagi yang belum kita ketahui. wkwkwk ini masih sebatas kemungkinan sih

      Delete
  19. min mau tanya dong, entah ini udah pernah admin jelasin di teori atau emg akunya yg belum ngeh atau gimana. yg ibu2 nangis karna anaknya lumpuh trs diketawain sama temen2 anaknya yg lain itu sebenernya siapa sih? atau itu kebetulan org asing yg ditolong lee rim? itu orang Korea/Corea min??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu2 itu belum di jelasin lagi sih.. tapi itu kejadiannya di Korea... waktu itu Lee Rim habis ngecat kuil trus mampir kesana... entah itu kebetulan atau enggak... tapi kayaknya udah dia rencanain untuk dapet antek2 baru

      Delete
    2. di eps 12 . ibu itu jadi perawat gitu si ada pas scene di mana ibu Lee Gon (ver Korea )mau bunuh diri terus ibu2 yang anaknya lumpuh itu datang kayak jadi perawatnya langsung nyuntik gitu jadi ada kemungkinan antek" Lee lim juga😭

      Delete
  20. apa cmn aku yg nunggu update an teori2 dari admin sejak kmrn pertama kali nonton eps 9.. mau baca teori2 nya admin ttg eps 9&10:(( kutunggu ya admin cerdas, hehe makasyi adminnn

    ReplyDelete
  21. Kakk aku dapet pemikiran soal misteri si luna. Setelah liat episode 10 di ending pas cuplikan next episode diperlihatkan taeeul yang tiba" ada di kerajaan corea dengan darah" dan membawa pistol serta akan mencari lee gon ke istana. Setelah ku pikir" mungkin Luna ini bener" jong taeeul versi masa depan dan pindah ke corea karena dia selalu rindu sama pyeha yang ga balik" ke rep.korea karena pas episode 10 tae eul selalu nungguin pyeha dan pyeha hanya datang sesaat" gitu aja dan misterinya lagi tae eul masuk ke corea lewat mana ?. Satu lagi di ep 10 diperlihatkan kalau luna dapet nama itu dari kucing yang bernama luna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul aku juga mikir jangan2 bener nih luna adalah taeeul masa depan... aku juga masih mikirin kenapa luna bisa ada di corea dengan darah2...
      Iya dia pinjem nama kucing

      Delete
    2. Dan mungkin tae eul pas tiba di corea itu ke distract taun nya bukan di 2020 melainkan 2019 saat raja belum mengetahui apa" dan sejak itu mungkin tae eul tau dia ada di taun berapa ngubah namanya jadi luna dan selalu dalam pelarian tanpa identitas dan harta.cara satu" nya bertahan hidup adalah mencuri dan membunuh orang makanya diceritakan luna sering bolak balik masuk penjara

      Delete
    3. Dan nyambung saat luna tbtb muncul di perlombaan dayung dan nyopet terus dikejar jo yeong.

      Delete
    4. Wah bisa jadi nih 👍🏻 coba liat update an aku tentang 2 puisi kim so wol yg kesorot saat LG membuka puisi permohonan orang mati... itu lumayan relate dg spekulasi kamu👍🏻

      Delete
    5. Episode 11 udah nyeritain kalau itu jung tae eul. Karna si luna kan udah ada di rep. Korea

      Delete
    6. Dan entah kenapa berasa Luna ini sebenarnya melindungi tae eul. Krn dia nitipin pisau ke anak Deity itu yg kepake banget sama Tae Eul pas diiket tangannya.

      Delete
    7. Nah iya... si luna kayak yg udah tau kalo nantinya si anak yoyo bakalan butuh pisau buat di kasih ke Tae eul

      Delete
    8. Trus yg scene nyium shin jae itu gmn?

      Delete
  22. Min tapi ku agak bingung mana yang udah di update,itu kan udah di kasih tanda *update* saran aja kalau mau di update pake eps nya heheh, soal ku harus baca dari awal lagi eheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk oke nanti di perbaiki... makasih sarannya 👍🏻😁

      Delete
  23. Mimin kepikiran ga sih? Ada yg aneh dengan Ayah Tae Eul. Ayah Tae Eul mungkin bisa tahu bahwa Lee Gon adalah raja di Kerajaan Corea dan terikat untuk bertemu putrinya. Dia menyambut Lee Gon tanpa pertanyaan, mencicipi kopi Lee Gon,memberinya kunci studio,menyukai Maximus. Dia tidak khawatir Tae Eul pergi berhari-hari karena dia mungkin tahu bahwa Tae Eul berada di Kerajaan Corea bersama Lee Gon. Atau ini cuman perasaan saya min ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya juga ya...dan kalo dipikir2 kenapa tae-eul nggak bisa menemukan kembaran ortunya di corea ya... sepertinya aku harus rewatch lagi... thanks udah ngingetin 😁

      Delete
    2. Sama-sama min. Terimakasih ya buat teorinya suka banget. 🥰

      Delete
    3. Sama sama juga... hehe syukurlah

      Delete
    4. Hi, aq jadi inget sebuah spoiler foto2 kfans, mohon maaf sebelumnya karena sbnrnya foto sdh ditarik. Jd itu lmh pakai baju hitam spt di eps 1 penyelamat leegon kecil, ada scene dmn dia mampir ke dojo nya jte dan ketemu jte kecil. Muncul spekulasi apakah leegon bertemu si bapak jg. Tentu masih sangat banyak kemungkinan lain bila berdasarkan foto ini. Mari dinikmati eps selanjutnya😄

      Delete
    5. Wah... makasih infonya...👍🏻
      Jadi penasaran banget sebenarnya siapa sebenarnya penyelamat LG kecil... betul, satu foto mengandung berbagai macam arti... mari kita menunggu eps selanjutnya 👍🏻

      Delete
  24. Makasih banyak admin,kau membuat kebingunganku jadi berkurang. Btw aku nemu blog ini dari twitter. Sebelumnya aku cuma sharing sm temen yg sama2 nonton aja sih,yg gak sampe kupas tuntas ke akar2nya kayak mba admin😂 semangat terus yaa ngebahas teorinya. Kita selalu menunggu updateanmu. Btw,apa perasaan aku aja ya, drama goblin dulu teorinya ga seberat ini😂😂. Bu Kim emg Daebak dah kalo soal drama scifi. Oiya,salam kenal yaa admin😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sama sama... kayaknya rata2 yg mampir ke sini awalnya dari twitter🤣, aku nggak nyangka bakal jd se rame ini pdhl awalnya cuma iseng karena banyak yg bingung ama alur ceritanya...
      Dulu pas zaman goblin emang nggak serumit ini karena hanya komposisinya mitos sejarah legenda puisi...
      Kenapa TKEM berat banget? Karena komposisi yang tadi di bumbui lagi ama sains tingkat tinggi trus filosofi sana sini 😭
      Salken juga ya 😊

      Delete
    2. Karena hari raya, agak mundur ya min jadwal review-nya,hehee. Aku kok jadi sedih semakin banyak episode, semakin byk teori yg mengarahkan TE yg bakal meninggal😂 sumpah deh kenapa writernim selalu kasih peran yang nyesek ke GE. wkt scene TE milih baju dan dia liat baju yg dipake LG eps 10. seolah kyk dia sedih dan benci momen ia ketemu LG di eps. 10. Yg paling nyesek itu pas Nenek Noh baca part puisi azaleas selanjutnya dan sumpah liat LG natap TE wkt fotbar itu hati nyesek parah sih. Benarkah bakal sad ending?😭😭😭😭

      Delete
    3. wkwkwk iyaa... aku juga belum sempet rewatch jd mungkin banyak detail yang kelewat... Katanya TE benci momen itu karena seolah dia dicampakan LG...sumpah nyesekk banget itu, ditambah ostnya sedih juga😭 kalo sad ending kayaknya enggak deh tapi mengarah ke open ending, tapi nggak tau juga kalo KES bikin plot twist nantinya

      Delete
    4. Min,menurut analisa mu. Apakah mungkin SJ anaknya LR ? Dan kalo emg JH masih hidup. Kenapa LG punya tanda luka akar itu. Ku masih ga paham. Okelah yg lainnya masuk akal, karena punya luka akibat kembarannya dibunuh. Kalo LG? Sumpah ku masih ga paham sampai sini. Mohon pencerahannya^^

      Delete
    5. Kalo SJ anaknya LR kayaknya g mungkin deh, soalnya bapaknya SJ udah diliatin di foto keluarga, yang di Corea pun sosok bapaknya pasti sama.

      Untuk saat ini aturan yg dapet tanda akar itu buat org2 yg kembarannya udh terbunuh itu jelasin kenapa LG punya tanda akar... untuk spoiler LJH yg masih hidup itu kayaknya semacam paradox dari time travel... mungkin nanti LR jd kalah di masa lalu dan keburu ketangkep sebelum kabur dari Corea... trus masa depan kedua dunia terselamatkan jd wajar kalo LJH masih hidup

      Delete
  25. Salam kenal yaa min, mau menambahkan persepsi aja tentang siapa penyelamat lee gon kecil hehe. Min udah lihat blum pressconfren nya tkem yg part minho bilang kalo tkem udh syuting slama 6 bulan tetapi slama proses syuting tsb dia mengatakan bahwa dia belum pernah bertemu dengan lee sung jin (lee Lim) selama ini. Dari sini bisa di tarik kesimpulan bahwa lee gon besar bukanlan penyelamat lee gon kecil (?).. Mereka saja belum pernah bertemu satu sama lain selama ini, jadi secara tidak lngsung sbnarnya minho sedikit mmebocorkan siapa penyelamat lee gon kecil, cuma kita tidak tau siapa orang nya😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga...😊

      Menurutku itu bisa aja benar atau bisa aja sebenarnya LMH sedang mengecoh kita supaya tidak tertebak alur nya.
      Terimakasih sudah menambahkan.😊 ini bisa banget jd pertimbangan

      Delete
    2. Menurutnya sih minho, karena dari matanya, badannya itu minho coba dipause pas yg nyorot mata. Trus kalau masalah syutingnya itu kan bisa berbeda waktu, karena di eps 1 tuh ada 2 org penolong yg satu nerobos kaca lalu lee rim pergi yg satunya nyamperin lee gon kecil. Pas nyamperin lee gon kecil kan udah sepi gada org lain, bisa jd itu take diwaktu berbeda. Tapi gatau juga yaaa ini spekulasi saya aja😂 btw salam kenal

      Delete
    3. oiya bener ada yg bilang si penyelamat itu 2 orsng yang berbeda, ini bisa jadi sih mengingat lawan mereka banyakan gitu. Bisa jadi yang satunya Lee Gon dan satunya lagi antara Shin-jae atau Jo Yeong. iya bisa jadi mereka take di waktu yang berbeda...
      Salken juga Destia 😂

      Delete
  26. Apakah begini kaitan nya dgn King Arthur
    Pedang Harimau = Excalibur
    Manpasikjiok = Cawan suci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi nih, 👍🏻
      Aku masih mengkaji ulang story nya 😁

      Delete
  27. Waah luar biasa... penulis kim eun suk sangat jenius.. yg mencari teori2nya jg gak kalah jenius.. detail bgt min menjabarkan semuanya...gomawo.. ak masih penasaran min kenapa bahu leegon sakit tiap ada petir begitu jg leerim di pipinya.. efek dr apa ya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama 😊
      Menurutku itu efek dari terbelahnya manpasikjeok... cuman alasan logis nya aku belum nemu... dan kayaknya ini ada hubungannya ama title trailer dan teori Yin&Yang... coba di tonton lagi trailer nya

      Delete
  28. Min menurut mimin ada kemungkinan ga kalo eps 10 scene terakhir yg datengin tae eul itu lee gon masa depan? Diliat dr beberapa kalimat lee gon yang aneh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan sih... tapi bisa juga itu lanjutan dari episode 1 (karena baju nya sama) trus waktu mereka kiss Lee Gon tiba2 ngilang... di drama ini waktu tiba2 berhenti kalo lagi ada yg lewatin area pink... ada 2 kemungkinan... si Lee Rim nyamperin Lee Gon ke Korea atau dia nunggu di Area pink...

      Delete
  29. berkat blog ini, setidaknya aku ga jd keong2 bgtt wktu nonton The kingg. Thaknyuu minn, aku selalu nunggu update-an teorinyaaa

    ReplyDelete
  30. Thankyou mimin blog nya sangat membantu :)

    Tapi sejauh ini masih ada yg bikin aku penasaran :
    1. toko buku yg dicari lee gon kan gak terdaftar, nah tapi pangeran buyeong bisa ada disitu nyari buku kedokteran,yang ketemu anak buahnya lee rim
    2. Anak yoyo di cctv th 2022 tidak menua

    Mungkin mimin bisa nemuin teori² nya hehehe😂 thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama 😊
      1. Toko buku yg Lee Gon cari itu namanya Toko buku Haesong (yg dia liat dari CCTV tahun 2022) sedangkan saat ini 2020 toko buku tsb namanya Eosu... jd pasti toko buku Haesong belum terdaftar karena masih memakai nama Eosu...
      2. Ada kemungkinan dia itu dewa...

      Delete
  31. Bagus bgt teori bgini bkin makin penasaran sama drmanya The king dan adminya hebat bgt bkin bgini . Bener2 muter otak pastinya dan apa yg dijelaskan sangat logit sesuai unsur dan scene2 yg ada di drama the king ... . Di tunggu untuk update an ep 11 12 nya min ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe syukurlah kalo suka...
      Aku cuma nyalurin bakat ngayal aja 🤣
      Siiipppp 👍🏻👍🏻👍🏻

      Delete
  32. Wah akhirnya otakku tercerahkan :)
    Btw, eps awal waktu lee gon ngejar luna, kan dia bilangnya liat kelinci bawa jam kan. Nah padahal luna bawanya rokok�� masih bertanya tanya maksudnya bawa jam itu apa. Ditunggu lagi penjelasannya writer-nim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelinci bawa jam itu ngacu ke story Alice in Wonderland... trus bisa dilihat juga di drama ada yg shoot buku Alice pas gambar si kelinci... kalo di perhatikan baik2 kelinci pose nya lari sambil bawa jam... cuman gambar jam nya nggak terlalu keliatan

      Delete
    2. Kalo menurut aku, ini karena berulang2 nonton dan nemu kesimpulan tapi ga tau bener atau ga, maksud Lee Gon mau mastiin itu kelinci atau jam, mungkin yg di maksud kelinci orang yg nyelamatin dia masih kecil dan jam orang yg ada difoto id yg jatuh yaitu jeong Tae Eul. Kemungkinan Lee Gon tau orang yg nyelamatin dia bukan orang yg sama yg ada di id card, terlihat dari ganggal penerbitan 2019. Ya gasih? Duh pusing huhu mau nyerah aja mikir, ngalur aja sama drama maunya apa hehe

      Delete
    3. nah iya bisa jadi maksudnya kesana, Lee Gon juga udah curiga dari awal kalo yang nyelamatin dia bukan orang yang sama dengan orang yang ada di ID card. Tanggung sih kalo nyerah ngikutin alur wkwkwk soalnya tinggal beberapa episode lagi menuju ending.

      Delete
  33. Mimin terimakasih yaa teorinya.. semangat selalu. Aku jadi lebih ngerti dan dapat pencerahan darimu... gomawoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, makasih udah mampir kesini hehehe

      Delete
  34. Minn update dongg ep 11. Masih gapahamm .soalnya luna di plot twist di episode ini

    ReplyDelete
  35. Min,waktu tae eul diculik, terus ditolongin anak kecil, tae eul kan tanya "kamu ada di dunia ini juga? ". Berarti tae eul sadar dong kalo lagi di Corea, tapi waktu dia naik mobil, dia baru tau kalo lagi di Corea. Jadi ini maksud arahnya gimana ya?? Bukannya dia pernah ketemunya di Korea ya?? Bantu min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya yg di mobil itu dia lupa kalau istana di Corea itu bukan di Seoul deh terus baru keinget pas baca penunjuk arah Istana Busan

      Delete
    2. Mungkin aja dia abis ngabisin penjaga yang nyulik jadi hilang fokus

      Delete
    3. aku udah puter scene ini berkali-kali dan memang belum nemu jawaban yang pas, tapi kayaknya itu kesalahan di naskah deh... mengingat TE emang ketemu anak itu di Korea hmmm

      Delete
  36. Abis nonton eps 12 terus sedikit dapat pencerahan ternyata PM udah ke Republik Korea dan kemungkinan besar udah ngebunuh Koo Eun-na soalnya pas part akhir PM pas petir ada tanda akarnya juga. Dugaanku yg ngerasa sakit dan ada tanda akarnya itu yg kembarannya udah meninggal deh. Soalnya Tae Eul, Jo Yeong, Nari ga ngerasain sakit sedangkan Lee sang do sama pengawal2nya Lee Rim ikutan kesakitan juga. Tapi ini belum tentu bener juga sih soalnya yg wanita hamil itu ikutan ngerasa sakit tapi pas ketemu PM kayaknya masih yg asli(tapi gatau juga deng). Btw PM kayaknya udah paham apa yg terjadi dan dia bakalan nyerang Raja dengan itu. Shin Jae juga dah ketemu Lee Rim walaupun belum yakin tapi dia pasti ngerasa. Minggu depan nih bakalan ketemu semoga ga kenapa2 Shin Jae. Aku deg-degan banget sama spoiler Minggu depan. Dan plot twist hari ini Noh mamanim ternyata dari Republik Korea juga. Oiya btw anak Yoyo beneran dong dia yg ngejaga keseimbangan 2 dunia. Satu lagi Luna kan katanya kena kanker ya terus tadi tuh Tae Eul bilang dulu mamanya kena Kanker hmmm. Banyak banget sebenernya yg bikin aku penasaran, nunggu banget updatean disini hehe. Fighting❤️ Happy Eid Mubarak 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy Eid Mubarak juga Willsy 🤗
      iya menurtku tanda akar itu ada karena kembarannnya udah dibunuh tapi pembunuhannya 'nggak wajar'. nggak wajar disini maksudnya prosesnya melibatkan dunia lain. kita ambil contoh Jo Yeong dan Eun-seob keduanya ditembak cuman bedanya letak tembakannya namun efeknya mereka sama-sama cidera otot. dari kejadian Eun-seob dan Jo Yeong kita simpulkan kalau itu semacam keseimbangan 2 dunia. nah mungkin yang tanda akar itu juga konsepnya sama, karena nggak seimbang (salah satunya masih hidup dan dibunuh dengan 'nggak wajar').
      oiya tanda ini nggak muncul ko di si ibu hamil, waktu itu dia cuman kaget karena pengawalnya tiba-tiba ada tanda akar itu. yang waktu ketemu ama PM itu masih asli, buktinya si PM biang yg menyangkut persalinan di Corea. Dari arah pembicaraan PM juga dapat kita simpulkan kalo si PM emang udah tau rencana Lee Rim buat nukar si ibu hamil dengan yang di Korea. mungkin nantinya dia emang bakalan kerjasama ama Lee Rim buat dapetin apa yg jadi ambisinya.
      Lah iya, aku kaget Noh mamanim ternyata dari korea wkwkwk
      Kalo anak Yoyo emang udah banyak clue tentang identitas dia, trus si Luna ini aku bener-bener belum nemu pencerahan entah dia beneran doppel Tae-eul atau Tae-eul di masa depan, pokonya dia abu abu wkwkwk

      Delete
    2. Oiya setelah aku rewacth ternyata si ibu hamil ga ada tanda akarnya karna ternyata di eps 13 emg ga di bunuh cuma posisinya di tuker, tumbenan ya apa karna lagi hamil? Sesuai dugaan Koo Eun Na emg udah dibunuh dan ada di panti jompo, kalau Shin Jae kenapa ga sakit karna kemungkinan Shin Jae asli masih hidup tapi koma gitu ini aku masih nebak aja sih soalnya di eps 13 pas Tae Eul sama Shin Jae nyari Eun Na di panti jompo petugasnya kaget gitu ngeliat mukanya Shin Jae dan di akhir kayaknya dia nemuin ruangan yg menurutku itu isinya Shin Jae yg koma itu. Noh mamanim ternyata dibawa sama kakeknya Lee Gon. Btw tentang Luna aku masih agak yakin dia itu Tae Eul tapi kok dia ngeracunin Lee Gon? Terus kok tiba-tiba nyium Shin Jae ya? Pas bagian dia kesakitan di mobil tuh stiker bintangnya sama kaya punya Tae Eul yg dikamar ga sih? Aku ga paham rasi bintang wkwkw. Di eps 13 diperlihatkan kalau ternyata yg nyelamatin Lee Gon kecil adalah Lee Gon dewasa, tapi aku masih agak kurang yakin apalagi si Lee Rim juga udah sadar kalau Lee Gon yg nyelamatin dirinya sendiri, besar kemungkinannya nanti mereka bakalan time travel lagi dengan tujuan kalau Lee Rim pasti bakal ngebunuh si Lee Gon dewasa, sedangkan Lee Gon mencegah Lee Rim dapetin potongan manpasikjok. Kalau liat di preview2 kayaknya mereka bakalan duel gitu jadi kemungkinan yg nyelamatin Lee Gon kecil bukan Lee Gon tapi mungkin Yeong(?)

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  37. Diepiseode 12 kan dikasih liat yang kena luka bakar bukan lee gon sama lee lim aja menurutku luka bakarnya berlaku kalo doppelganger nya dibunuh dengan tujuan yang satunya hidup (atau mungkin kalo kembarannya meninggal karena bukan hukum alam dan disengaja). Gak berlaku sama kang sinjae, dia kan yang dikorea meninggal karena sakit bukan dibunuh, tapi gatau sih kalo dia balik ke corea situasinya gimana. Happy eid mubarak kak admin dan yang baca blog <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy Eid Mubarak juga Zahra 🤗
      iya menurtku tanda akar atau luka bakar itu ada karena kembarannnya udah dibunuh tapi pembunuhannya 'nggak wajar'. nggak wajar disini maksudnya prosesnya melibatkan dunia lain. kita ambil contoh Jo Yeong dan Eun-seob keduanya ditembak cuman bedanya letak tembakannya namun efeknya mereka sama-sama cidera otot. dari kejadian Eun-seob dan Jo Yeong kita simpulkan kalau itu semacam keseimbangan 2 dunia. nah mungkin yang tanda akar itu juga konsepnya sama, karena nggak seimbang (salah satunya masih hidup dan dibunuh dengan 'nggak wajar'). setuju sih kalo yg kang shin-jae.
      kalo teori ini bener maka dapat disimpulkan juga kalo Lee Gon Korea (Lee Jih-hun) bener-bener udah meninggal.

      Delete
  38. Drama ini bagus banget, teorinya pun seru. Tapi sayang, rata-rata orang mau nonton drama liat visual pemainnya dulu (ini lucu si) balik lagi, selera orang beda-beda, ada yang karena visual ada yang emang ceritanya cocok buat dinikmati. Buat yang nonton The King, jangan salahin selera apa yang kamu tonton wkwk, kita nonton drama yang tepat dan high level kok, butuh mikir buat nontonnya bukan cuma nikmatin visualisasi pemerannya. Semangat 4 episode lagi lega dari pertebak-tebakan ini guys! (hati-hati gak bisa move on dari ceritanya ya! Wkwk)

    Btw, makasih banyak mimin udah mau menuliskan pemikiran mimin di blog ini dan mengulik info lebih dalam lagi, semangat ya min!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk sama sama... Semangatttt
      kalo aku tipe yang suka drama mikir sih, berasa ada tantangannya gitu. dan sejak awal nonton TKEM emang udah beda banget, kita disuruh mikir ini itu dan nebak kira-kira apa yang bakalan terjadi kedepannya... tiap episode tuh kayak 'ohh gini' trus kalo ada teori baru bikin susah tidur.. kayaknya kalo TKEM end aku bakalan kehilangan banget.

      Delete
    2. Iya bener banget min,berasa detektif. Salam kenal ya min. Btw makasih banyak teori teorinya bagus

      Delete
  39. Min.. pintu ke dua dunia itu ada 3 ya Min? Soalnya di intro kalau nonton streaming langsung di sbs atau netflix, ada intro gitu, 3 pintu, pintu hutan bambu, pintu ala² modern gitu, sama pintu ala² kuno/tradisional gitu.. plis bahas Min...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ada 3? Di episode berapa kak?

      Delete
    3. Hi Kak Zahra... Kalau nonton via netplix atau streaming langsung di sbs, kan ada intro gitu Kak di awal.. itu dilihatin ada 3 pintu Kak.. di pembahasan ini, mimin ada pasang gambar anak kecil di jembatan, itu jg ada di intro.. dan eps.12 oas ibu lee gon korea dan lee rim makan bareng, itu ibunya lee gon kayak mau rebut payungnya itu ya? Terus si lee rim menghalangi dan nanya ke ibu lee gon "kenapa muncul luka dimana-mana?" Apa yg dimksd ibu leegon itu luka bakar kalau pas petir² itu ya.. Apa ibu leegon korea tau sesuatu ya? Greget nunggu 4 eps terkahir.. 😅

      Delete
    4. kalo yang pintu itu kayaknya nanti berhubungan dengan time traveller. jadi mungkin gini: portal di hutan bambu = penghubung 2 dunia, portal yang kayak tradisional dan modern itu = gerbang ke masa lalu dan masa depan.
      iya ibu lee gon korea mau rebut payungnya, trus tentang muncul luka dimana-mana itu maksudnya luka dari percobaan bundir ibu lee gon Korea. di eps sebelumnya waktu ibu lee gon Korea lagi ngintilin Shin-jae diperlihatkan banyak bekas luka 'irisan' di pergelangan tangannya.

      Delete
    5. Wah iya Min.. ndak kepikiran kesana soal luka² irisan... Daebak... Ini drama emang ndak boleh meleng nontonnya, kudu fokus, dan artikel Mimin SANGAT membantu buat aku yg banyak ndak ngeh dan kelewatan clue².. 😅😅😅 semangggaaattttt Mimin... 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

      Delete
    6. Wkwkwk emang harus ekstra fokus... dialog yg panjang aja trus aku ulang buat mahamin maksudnya 🤣

      Semanggaaattttttt 😁

      Delete
  40. Hai kak. Aku mau tanya. Kenapa anak-anaknya Pangeran Buyeong enggak boleh ke Corea ya? Aku kayaknya belum nemuin adegan yang berisikan alasan anak-anaknya Pangeran Buyeong enggak boleh ke Corea. Atau mungkin ada adegan yang aku lewatkan. Aku penasaran.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi alasannya karena dulu pernah ada pemberontakan untuk merebut kekuasaan yang dilakukan oleh Lee Rim. jadi pangeran Buyeong nggak mau kejadian tersebut terulang kembali, dan supaya ia dipercaya pro ke kaisar saat ini (Lee Gon) akhirnya dia menyuruh seluruh anggota keluarganya untuk tinggal di luar negeri. Dan mungkin dia ada firasat kalau perebutan kekuasaan itu adalah hal yang pasti, makanya dia nggak mau keluarganya ikut-ikutan berebut kekuasaan.
      wajar kamu nggak nemu adegan ini, karena adegan ini kayak tersirat gitu.

      Delete
    2. Kemungkinan Soalnya kan kedua kandidat pengganti raja dulu kan lee gon sama pangeran buyeong. Dan ternyata yang jadi penerus leegon. Nahh terus kalo leegon mati dan belom punya keturunan kan otomatis anaknya pangeran buyeong yang jadi raja. Tapi anaknya buyeong ini mungkin ambis banget makanya sama buyeong ga boleh ke kerajaan. Dan pangeran buyeong sendiri udah megang korea wilayah utara kalo di kerajaan corea

      Delete
    3. Lee Gon jd raja karena ayahnya raja, beda dg pangeran buyeong yg ayahnya adalah pangeran...
      -sebelum Lee Rim berkhianat kira2 urutannya begini
      Kaisar Lee Ho (ayah Lee Gon)
      Pewaris tahta :
      1. Lee Gon (putra mahkota)
      2. Lee Rim (pangeran kedua)
      -Kemudian setelah Lee Rim berkhianat:
      Kaisar Lee Gon
      Pewaris tahta : pangeran buyeong
      -setelah pangeran Buyeong meninggal:
      Kaisar Lee Gon
      Pewaris tahta : Lee Sejin (putri pangeran buyeong)
      Kenapa pewaris tahta bukan putra sulung pangeran buyeong? Karena Lee Gon sudah mencium aroma2 kontra dari putra sulung pangeran buyeong (dari eps 11)
      Trus pangeran buyeong bukan megang kekuasaan di wilayah utara, tapi dia kayak yg tinggal nya memang disana... karena Kaisar Corea adalah pemegang seluruh wilayah Corea... gitu kali ya CMIIW 😁

      Delete
    4. Oh jadi gitu, kirain karna dulu pernah ada kontra antara kerajaan Corea sama anak²nya Pangeran Buyeong. Okee, terimakasih banyak admin untuk pencerahannya.

      Delete
  41. Makasih ya min, teorinya jadi pencerahan buatku untuk memahami cerita drama the king ini, luar biasa deh, penjelasannya sangat rinci per poinnyam, btw masih di update terus kan min, untuk ep, 13-14 selanjutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama 😊
      iya masih di update ko, kadang2 aku juga suka nambahin lagi temuanku kalo abis rewatch... sering-sering cek di judul aja, kalo abis update nanti keliatan dari last update nya.

      Delete
  42. yang menguatkan kalo Lee Gon time traveler jg ada di adegan taeul lupa pas dimana, tp ada kalimatnya "aku merasa dia bukan dari dunia berbeda melainkan dari waktu yg berbeda" . Nah, di eps 12 nya pas taeul liat baju hitam yg dipake Lee Gon pas eps 10 dia nanya sama Lee Gon tentang baju itu dan lee gon jwb kalo baju itu dipake untuk event tertentu sambil megang bunga, lee gon jg disitu kayak bingung kenapa taeul nanya gitu. Kalau kata org bajunya baru diselesaikan tp aku masih ragu itu pelayannya lagi merapikan atau gimana. Kalimatnya Lee Gon membuat Taeul makin merasa yg dtg di eps 10 itu bukan Lee Gon yg sekarang. Bau-bau sad endingnya makin terasa hmm..
    Drama ini benar benar buat aku mikir dan auto insomnia tiap berakhir eps nya. Bakalan rindu sama drama ini kalo udah selesai 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul... lee gon juga minta maaf karena dia nggak bisa datang ke Korea akhir2 ini karena banyak yang terjadi di Corea... nah itu yg bikin kuat juga dugaan kalo Lee Gon saat itu adalah time traveller... hmmm
      Wkwkwk beneran 😭 tiap berakhir episode bikin mikir keras... nggak kebayang nanti kalo udah end gmna

      Delete
  43. min mau nanya dong pas scene lee gon nyelametin tae eul trs tae eul bilang pistolnya sisa 2 peluru, trs lee gon langsung abisin pelurunya trs dibuang pistol nya, itu knp deh? emg knp klo pistolnya sisa 2 peluru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lee Gon ngabisin peluru karena Karena waktu itu tae-eul kondisinya lagi tertekan banget, singkatnya tae-eul takut ada yg manfaatin peluru di pistol itu buat nyelakain dia dan lee gon. Btw waktu kerusuhan itu semua orang disana baku hantam pake pedang.

      Delete
  44. Aku penunggu setia updatean teoari disini dr episode awal makasih ya kaa sejauh aku mencari teori dimana2 aku tetep balik lagi kesini rutin wkwkwk

    ReplyDelete
  45. Min pas Luna di kasih foto keluarga Tae eul, aku liat di nangis gitu, trus pas tae eul sama lee gon ada di depan gereja tae eul bilang kalau ibu nya meninggal karena sakit kanker dan dia belum pernah liat muka ibunya , di sisi lain juga luna sama punya penyakit apa mungkin itu kebetulan atau Luna juga lagi time traveller hmmm..... Trus di preview eps 13 pas tae eul tlpn luna, luna bilang kalau kita bertemu kamu akan mati, itu maksudnnya gimana ya,? Makin pusing aja ini drama 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dugaan awal ku emang si Luna ini time traveller juga, tapi masih di kaji ulang sih...
      Itu ngacu ke kata2 Nari soal Doppelganger, kata Nari kalo dia ketemu doppel maka salah satunya harus ada yg mati 🤔 gmna sih kata2 nya lupa wkwkwk

      Delete
  46. Aku sangat berterima kasih sama admin dan sangat sangat menghargai kerja keras mimin dalam membantu menyelesaikan beberapa teori yang belum terpecahkan bahkan ada teori baru muncul lagi. Dengan membaca teori yang admin buat membuatku membayangkan dan berfikir secara logika karena drama ini bisa dihubungkan dengan film barat seperti yang dijelaskan. Oh iya min, hanya mau menyampaikan pendapat saja soal teori yang aku dapat (entah benar atau salah) di ep 6 pada saat itu Lee Gon memberikan tanda pengenalnya sudah ada pada 25 tahun yang lalu, JTE kebingungan dan merasa ngga masuk akal soal itu dan Lee Gon bilang seseorang telah menjatuhkannya dan menjelaskan kelak bahwa pria misterius berpakaian hitam akan muncul dihadapannya karena dia adalah awal dan akhir semua ini. Dan setelah ditelaah semuanya kelak akan terjadi dimana mereka bertiga akan dipertemukan karena si pria misterius ini menjadi penyelamat lee gon dan penyebab gagalnya lee lim untuk bisa mengambil seutuhnya manpasikjeok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku juga berterimakasih karena udah mampir di blog ini, entah nantinya teori ku bener atau salah...
      Yg waktu di eps 6 itu betul banget, pastinya nanti Lee Gon bakalan di hadapkan fakta siapa yg menyelamatkannya waktu kecil, entah siapa dia yg pasti dia yg mengawali dan mengakhiri segala permasalahan ini... mungkin ini semacam time loop buat si penyelamat dimana pada timeline tersebut dia akan selalu kembali ke masa dimana Lee Gon kecil dalam bahaya karena pemberontakan Lee Rim... wkwkwk aku belibet ngomongnya

      Delete
    2. Sama-sama min tetap semangat ya banyak senang dalam masalah diskusi soal teori ini dan banyak senang dengan apresiasi admin yang bersedia berpusing-pusing ria. Mimin menjelaskan seperti itu sudah paham kok aku jadi alurnya akan mundur karena banyak kasus yang belum terpecahkan..
      Drama tante KES no kaleng2 min sampe harus buat teori biar paham😄

      Delete
  47. Min plis mau nanya ��. Inget ga kata2 lee gon kecil pas ep brp gt lupa dia bilang "denger suara suling kenceng bgt saat itu jg aku kebangun dr tidur" berarti kn itu penyelamat dr masa depan dong yg niup..kn tujuan si penyelamat dr masa depan ini buat ngegagalin kudeta si lee lim saat itu.. nah berarti gini dong min, aslinya kejadian 1994 ini sblm adanya penyelamat dr masa depan berarti lee gon kecil ga kebangun dn lee lim ngambil full manpasiknya..nah trs drmn coba kenal taeeul.. aduhh rumit bgt pertanyaaankuu .. tolong dijwb min�� ..setiap ep aku selalu bertanya2 tntng ini.. jln ceritanya sm orng2nya aku udh paham..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau ga gini jd dimasa 1994 ada dua orng yg nolongin, yg satu emng bnr dimasa 1994 itu dn yg satunya penyelamat dr masa depan..?? Gt kali ya min.. tolong peñcerahannya min😭

      Delete
    2. Mungkin ini yang dinamain paradox. Kayak grandfather paradox gitu, kalo seseorang dari masa kini bikin mesin waktu dan melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dan membunuh kakeknya atau orang tuanya, otomatis dia ngga akan terlahir, ngga akan ada mesin waktu, dan ngga ada yang ngebunuh kakek atau orang tuanya. Karena kakek atau orang tuanya ini hidup, jadi si anak juga hidup dan akhirnya bikin mesin waktu dan pergi ke masa lalu buat ngebunuh kakek atau orang tuanya, dan siklusnya berulang kembali.

      Tapi, sampe sekarang kita belum tau siapa sebenarnya penyelamat Lee Gon dan juga apa penyelamatnya ini yang bikin bunyi suling itu, ataupun siapa/apa yang ngehasilin bunyinya, jadi, belum bisa disimpulin juga. Ayo sama-sama nunggu episode 13 huhuhu

      Delete
    3. Wah sama bgt nih pemikirannya!! Jadi timeline "asli" lee gon kecil yg belum ada campur tangan "lee gon masa depan yg time travelling" tu gimana ya kira2?

      Delete
  48. Eh iya, tiba-tiba aku kepikiran sesuatu habis ngebaca blognya ini. Apa mungkin kalo dunia paralel ngga cuma ada dua? Pas Lee Gon ngejelasin tentang teori dunia paralel yang ngelibatin mekanika kuantum dan duality partikel-gelombang (yang mungkin bakalan berlanjut ke time travel kalo ngga distop sama Tae Eul), dia ada nyebutin kalo partikel (atau mungkin subatomik partikel kayak elektron) bisa ada di dua tempat sekaligus, dan dalam pandanganku, eksistensi suatu elektron bisa memengaruhi eksistensi elektron lain, yang ujung2nya bikin percabangan antara beberapa peristiwa (atau membuat beberapa dunia lain sesuai rangkaian peristiwa sebelumnya). Itu yang bikin aku yakin kalo sebenernya ada lebih dari dua dunia paralel. Ah terlalu belibet ya wkwk. Menurut kalian gimana?

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Min gimana pendapat mimin ttg spoiler TKEM yang bnyk bgt sekarang,? Aku takut drama ini sad ending 😭😭😭

    ReplyDelete
  51. mimin, kalau dilihat dari judulnya "The King eternal monarch" which is Raja abadi kalau mau berspekulasi apakah merujuk ke Lee gon yang tidak akan mati???

    ReplyDelete
  52. Abis lihat preview ep 13

    Mungkin gak sih teorinya... misal nih lee gon ada di pertengahan waktu sebelum masa depan terjadi (intetogasi lee lim) ... lee gon ngehidupin lee jihun dan mereka kerja sama ngalahin lee lim dan yang battle sama lee lim itu lee ji hun hingga mgkn lee ji hun mati dan lee gon bersama taeul tetep hidup??

    ReplyDelete
  53. minnn bahas preview yang dikasih di ig nya sbs donggg.bingung banget. ternyta bener yang nyelametin lee gon kecil adalah lee gon yang dewasa.dan dia bisa time traveler

    ReplyDelete
  54. Makasih banyak teorinya min. Setelah baca teori kak admin aku jadi ngga bingung lagi nonton TKEM. Aku telat banget (hiks) baru nemuin teori ini sekarang. Oh ya. Aku juga tiba" muncul teori (pemikiran)... Kalo setelah LG besar nyelamatin LG kecil, terus LR diurus sma TE+SJ, berarti kemungkinan lee gon rep.korea (jihun) masih hidup dong(krn LR blm sempet mbunuh mlh udh ditangkep TE. Makannya nanti TE ketemu JH. Aku liat di ig). Terus menurutku ya, setelah selesai sma introgasi LR, TE nanti bkl balik ke rep.korea. Dan menurutku semua bakal balik lagi ke dunia masing". (Gimana ya? Aku aja ngga paham nulis apa tp ttp pengn lanjut). Nah pas udah selesai kasus LR dan TE blk ke rep.korea=pisah sama LG, stelah bertahun" (ea.khayalanku astaga) TE akhirnya ketemu sama LG. Tapi dia bukan LG, melainkan Lee Ji Hoon yang ngga kenal sama TE. Dan TE nangis deh karena bentukannya LG tp nyatanya itu orang lain. (Kok aku baper. Kok aku ngga rela). (Haha) Lanjut. Terus nanti menurutku (lebih tepatnya menurut imajinasiku) LG dewasa/cintanya TE (ea) setelah bertahun" cari cara buat bisa bareng lagi sama TE, akhirnya dia nemuin cara ngga tau pokoknya nanti dia jadi Jihun terus ingat TE dan akhirnya mereka bersama selamanya di Rep.Korea. Yeyyy tamat😌 (aku sebenernya mikir kalo nanti bakal sad ending atau ngegantung gitu. Tapi penginnya happy ending.hiks. makannya jadi ngayal kemana"). Lah terus nanti yang jadi raja corea siapa dong?
    LG kecil. Ehe. Kan LG besar dkk udh nyelamatin LG kecil. Ah ngga tau lah ngantuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh daebak aku kepikiran trs yg jd raja corea siapa lg kecil itu bisa jadi kaya gtu yaa kalo dipikir2 sebenernya ini nyambung ko ka penjelasan kamu aku ngerti maksudnya wkwwk

      Delete
  55. Yang membingungkan itu time treveler karna kan ga tau itu dateng dari masa depan atau gmn knp bisa datang
    trs yg anak main yoyo, pas nyelametin tae eul dia bilang "aku cuma satu, kmrn hanya pergi kedunia yang satunya, dan aku ingin membuat keseimbangan" jadi mksnya anak itu cuma satu g ada kembarannya apa anak itu avatar?

    ReplyDelete
  56. Aku sangat berterima kasih kepada admin yang sudah memperbaharui update mengenai teori baru drama ini..

    Setelah saya melihat-melihat dan menerawang ya min (bisa jadi salah atau benar) ini hasilnya:

    1. Banyak yang bilang kalo menyelamatkan Lee Gon kecil adalah Lee Gon dewasa namun spekulasi terpecahkan di eps 13 menjelang akhir kalo dia baru menyadari bagaimana bisa selamat ternyata ada pria misterius berpakaian hitam menyelamatkan Lee Gon kecil dan bisa terawang kalo yang berbaju hitam tidak hanya 1 orang melainkan 2 orang. Jadi kalo saya simpulkan yang menyelamatkan Lee Gon kecil bukanlah Lee Gon dewasa melainkan Lee Gon masa depan seakan-akan memberikan petunjuk apa yang akan terjadi. Dan juga ada 1 orang lagi yang membantu Lee Gon masa depan dan kalo saya pikir itu antara Jo Yeong atau ngga KSJ.

    2. Eps 1 dimana KSJ mengintograsi LR bersama JTE, tapi setelah saya coba teliti saya pikir itu adalah Luna bukan JTE, mengapa demikian? Di eps 12 Lee Gon bilang kalo dia (JTE) selalu mengikat rambut disaat yang penting. Di eps 1 rambutnya terurai dan ngga pernah mengikatnya karena memakai rambut palsu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di preview spesial dilihatkan JTE? memeluk LG duluan mengapa demikian karena LG mengubah sejarah mengenai dirinya dengan menggunakkan time traveller yang bisa dikaitkan dengan masa lalu dan masa depan. Dan juga mengenai penjelasan selanjutnya soal spekulasi siapa yang mengintrograsi LR antara JTE dan luna, kenapa saya bilang itu Luna? Karena LG itu ingin mengubah sejarahnya (seperti penjelasan yang sebelumnya) jadi masa depannya akan berubah semua sehingga akhirnya luna berpihak pada JTE

      Delete
  57. Luv banget sama mimin ynag selalu memberikan pencerahan setiap minggunyaa 😍😘
    Ohiya mau nanya nih sama mimin & temen2 semua, masih ada yg mengganggu pikiranku :
    1. Di episode brp sih yg menjelaskan luna itu sakit kanker dan waktunya tinggal 3bln lagi? Aku kayanya terlewat bhakan udah rewatch ga ngeh bagian ini :"
    2. Doppelgangernya pangeran buyoung yg di republik korea tuh ada gaksih?
    3. Di ep13 kemarin udah terungkap bahwa kepala pelayan istana Noh ternyata dari republik korea, nah doppelgangernya yg dari corea ada gak ya?

    ReplyDelete
  58. Ada yg bisa bantu jawab? Waktu Lee Gon menyelamatkan Tae Eul di eps 12, Tae Eul bilang ke Lee Gon kalo pistol yg dia pake pelurunya masih sisa 2. Setelah itu Lee Gon nembakin pistol itu, terus pistolnya dibuang. Nah itu alasannya apa ya? Kenapa dengan pistolnya? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya biar engga disalahgunakan, jadi mending dibuang aja.

      Delete
  59. Review eps 14 plis 😭 teori paling relate yang pernah kubaca itu disini, butuh penjelasan eps 14 😭

    ReplyDelete
  60. Iyaaa kaa, jelasin dong episode 14. Bingung

    ReplyDelete
  61. Terimakasih hyung hyung akhirnya di eps 15 tau kenapa lee rim masih hidup padahal di tahun 94 udah mati, ternyata itu lee rim 1994

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia dia Lee Rim 1994, dia juga sama kek Lee Gon 2020 bolak balik ke Korea-Corea hingga akhirnya tiba di tahun 2020 Lee Rim saat ini udah versi upgrade

      Delete
    2. Loh tapi kalo lee rim di 2020 itu lee rim 1994, kenapa lee gon mau balik lagi ke 1994 ya hyung. Kalo itu lee rim 1994 yang di eps 15 kok rencananya sama kyk lee rim 2020. Tolong penjelasannya. Makasih hyung

      Delete
    3. Itu karena Lee Gon gagal menangkap Lee Rim 1994 saat kudeta. Kalau Lee Gon berhasil menangkapnya otomatis Lee Rim nggak bakal bisa nemuin portal ke 2 dunia dan nyampur nyampur 2 dunia... alhasil ke 2 dunia terselamatkan dan ke 2 dunia berjalan masing2 tanpa tau ada dunia lain di sampingnya. Jadi semacam di reset gitulah..

      Karena saat kudeta di eps 15 Lee Rim 1994 masih lolos. Jadi alurnya Lee Rim
      masih sama seperti eps 1-15, nggak berubah termasuk semua rencananya, yg berubah cuma antisipasi Lee Rim (2020 versi upgrade) agar dia tidak melakukan time travel ke tahun 1994 agar Lee Rim 1994 tidak membunuhnya.

      Delete
    4. Keknya lebih tepatnya lee lim 94 nggak diam di ruang 0 dan 1 dehh min. Lebih tepatnya lee lim 94 menjalani hidup sama seprti eps 1-15 tpi dengan ingatan baru kalau dia ngebunuh lee lim time traveler dan dia jadi lebih antisipasi agar gak time travel lagi ke 94

      Delete
    5. Nah iya, maksudku juga kesana... jd 4-5 bulan tuh kayak akumulasi mereka diem disana...
      gambarannya kayak Lee Gon aja yg bolak balik nyari tau saat ini udah taun berapa... cuma bedanya kalo Lee Rim bolak balik cari rekrutan 🤣

      Delete
  62. halo min, ada yg mengganjal dipikiran saya, begini: lee rim 2020 pergi ke tahun 1994, dan dibunuh oleh lee rim 1994, jadi lee rim 1994 jalani masanya sampai ke 2020 dan menjadi versi upgrade. Nah yg saya bingung dari sisi lee gon, lee gon 2020 pergi ke tahun 1994 buat selamatkan lee gon kecil 1994, dan lee gon 2020 menunggu tahun 1994 tsb berjalan sampai 2020. Nah Berarti Lee gon kecil 1994 itu kan hidup dan juga berjalan kisahnya,

    dan ketika saatnya tiba di tahun 2020 tsb tiba, bukankah berarti Lee gon bisa jadi ada dua min, jadi yang satu lee gon 2020 yg time travel ke 1994, dan satu lagi lee gon kecil 1994 yg menjalani hidupnya sampai jadi dewasa di 2020.

    Nah ini bagaimana untuk mencernanya ya min, saya koq bingung ya.. hhehe. ini part yang paling bikin saya bingung.
    mungkin mimin bisa menjelaskannya, terima kasih sebelumnya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Menurutku ini semacam paradox.jadi di drama ini yang berpengaruh cuman ingatan aja dan takdir tetap berjalan dengan semestinya.lee gon 2020 itu ya tetep lee gon 94 yang diselametin cuman disini lee gon 2020 udah di upgrade ingatan nya karena dia yang ngerubah sejarah hidupnya sendiri. Jadi bukan lee gon nya ada 2 tapi lee gon 2020 itu udah di upgrade ingatannya. Ingat omomngan yOyo boys

      Delete
    3. betul,, ini semacam paradox
      jadi mudahnya gini :
      Lee Gon Time travel (eps 1) nyelametin Lee Gon Kecil dan Lee Gon kecil selamat, Lee Gon kecil menjalani hidup dan tumbuh dewasa menjadi Lee Gon 2020, kemudian Lee Gon 2020 Time Travel untuk nyelametin Lee Gon Kecil (eps 15) dan Lee Gon kecil (eps 15) pun juga selamat, sembari menunggu waktu berubah menjadi tahun 2020 Lee Gon 2020 ini menemui orang2 disekitanya hingga orang di sekitarnya punya ingatan baru.

      saat time travel itu Lee Gon memang ada 2, kemudian Lee Gon kembali lagi ke masa sekarang setelah berbulan2 kemudian (karena aturan dari area pink). nah dari kejadian ini tentu saja saat ini Lee Gon hanya 1. kenapa? karena Lee Gon kecil (eps 15) masih selamat, otomatis alurnya juga sama seperti di eps 1-15 yang membedakan adalah ingatannya dan orang disekitarnya jadi ikut ter upgrade karena perbuatannya saat time travel.

      Delete
  63. Min, lagi bingung nih, kalo misal Lee Gon kecil ngga selamat, Lee Gon besarnya ikutan ngga selamat kan? Kalo Lee Gon meninggal di usia 8 tahun, ngga ada Lee Gon 2020 dan ngga bakalan ada yang time travel ke malam pengkhianatan, trus jadi paradox. Trus ditambah lagi sama keberadaan Lee Ji Hun di Korea. Duh puyeng kali :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Kalo lee gon 94 itu mati otomatis Dia nggak akan hidup dewasa tetapi lee gon time traveller itu tetep ada karena ini paradox. Disini yang ngelakuin time traveler tetap lah hidup dan mungkin akan kejebak di ruang 0 dan 1 karena dirinya udah nggak hidup lagi di dunia Manapun. Contohnya si lee lim 2020 yang kebunuh oleh lee lim 94,lee lim nya teTep ada tapi dengan ingatan yang ke upgrade

      Delete
    2. iya kalo Lee Gon kecil terbunuh otomatis Lee Gon yg time travel jadi menghilang kayak bunga pemberian Lee Gon itu, makanya Lee Gon nggak bilang ke tae-eul soal rencana dia kembali lagi ke tahun 1994 dengan prioritas membunuh Lee Rim 1994.

      dan jika kita lihat di preview kayaknya Lee Gon Time Travel dkk berhasil menangkap/membunuh Lee Rim 1994, berkat itu masa depan jadi berubah dan adanya 2 dunia jadi tidak di ketahui oleh siapapun(Kecuali oleh Time traveller). Keseimbangan dunia terselamatkan dan dunia berjalan masing2 tanpa adanya pencampuran dari ke 2 dunia. jadi kekacauan itu kayak di reset dan dunia kembali ke pengaturan pabrik wkwkwk termasuk orang2 yang sebelumnya telah dibunuh (karena ulah Lee Rim) mereka jd terselamatkan.

      Delete
  64. Min, bayangin. TE ke portal pas di area antara 0 dan 1 dan manpaksikjeoknya bersatu, makanya LG dan JY bisa balik ke 1994, tapi si TE gatau kalau itu posisi buat time traveler, terus TE nya kemana hayo? Entar dia bingung ga tuh wkwk :".
    Ya walaupun si anak yoyo udah bilang kalau orang yang time traveler bakal ke waktu dimana mereka mau memperbaiki masa itu, tetep aja kan entar si TE bisa kebingungan, apalagi buat balik ke masa seharusnya, dia harus standby ngitung make bilangan euler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwk entahlah, yang pasti di preview eps 16 dia balik ke Korea. TE juga nggak kehilangan memori tentang Lee Gon. Aku lelah memikirkan segala teori 🤣 wkwkwk

      Delete
    2. Kayanya bakal ada scene TE bakal tersesat ke taun 2022 (kaya yang diliat LG di laptop JY)

      Delete
  65. Min menurut aku ya, pas LG sama JY kembali ke 1994 dia berhasil mengalahkan LR. dan kayaknya LG dewasa ga bisa nyelamatin LG kecil dimasa itu. Nah berarti dunia kembali normal dan udah ga ada lagi campuran antara corea dan Korea. Dan dengan itu, krna LR udah meninggal di tahun 1994 maka dia ga akan ke Korea. Jadi Lee ji hun(LG versi Korea) bakal hidup... Seperti yg kita lihat ada spoiler di ig bahwa Lee ji hun nanti bakal ketemu/berpapasan dengan TE. Sedihnya disini krna LJH ga kenal sama TE sedangkan TE nyangka LJH disini adalah LG huhuhu jdi bakal nangis berat kayaknya. Nah tapi masalahnya adalah LG dewasa dikemanain?? Mungkin terjebak di ruang 1 dan 0 ya min? Krna judul drama ini ada yg hidup abadi jdi mungkin LG masih hidup dan dia yg jdi abadi. LG pun ga bisa apa2 hingga nanti dia menemukan cara atau apapun itu yg bisa keluarin dia dari ruang antara 0 dan 1(area pink) itu. Entah nanti endingnya TE akan ketemu sama LG setelah waktu yg lama dan happy ending(bisa jadi jg cuma open ending) atau endingnya bakal ngegantung pas scene LJH berpapasan dgn TE dan tamat. :"( Sedih kann dan semoga banget happy ending ya hyung hyungkuuu.

    ReplyDelete