Tentang Knowing Brother + Review Ala-ala


Geng Brother School di MV Sweet Dream
Berawal dari kegabutan yang tak berujung, dan bingung karena gak ada kegiatan, akhirnya gue mutusin buat bikin review salah satu varshow yang lagi booming banget di korea. Yup, Knowing Brother. Sebenernya ini semacam curhatan gue setelah nonton beratus-ratus (?) episode Knowing brother yang semata-mata mengisi kegabutan gue. Berhubung review mengenai Knowing Brother ini gak banyak, jadi terbersitlah ide untuk buatin salah satunya. Ya itung-itung meramaikan lah. Sebelumnya harap maklum kalau tulisan gue masih berantakan (masih belajar huhuhu).
Takutnya ada yang belum tau, gue kasih dulu intronya. Menurut wikipedia, Knowing Brother atau Knowing Bros atau disebut juga아는형님 (Aneun hyeongnim) atau Men on a Mission atau Ask Us Anything adalah sebuah variety show dari Korea Selatan yang ditayangkan oleh JTBC. Nah berhubung JTBC ini tv kabel, jadi wajar aja kalo ratingnya gak segede acara tv lain yang ditayangin tv macam MBC, SBS dan lain sebagainya. Knowing Brother perdana tayang pada 5 Desember 2015 dengan 7 member dan 8 member di episode ke-2. Mengusung tema unik ala anak sekolahan membuat varshow ini banyak diminati penonton dari berbagai kalangan usia. Sekian.
Dulu awal-awal pas denger katanya si Heechul jadi cast varshow ini reaksi gue kayak yang hmm okelah. Biarpun gue ELF tapi soal tontonan sih gue milih-milih, kalo gak seru langsung tinggalin (sadis ye). Juga berhubung dulu gue lagi demen-demennya ama Running Man,  jadi gak ada keinginan buat nonton yang lain. Walaupun akhirnya beberapa bulan kemudian gue stop nonton gegara si Gary keluar :’( dan kesibukan di dunia nyata yang mengharuskan gue fokus se fokus-fokusnya.
Barulah di akhir tahun 2017 gue rada ngelirik Knowing Brothers walaupun itu juga gegara Super Junior yang jadi guestnya. Nah, pas nonton tuh feel gue kayak yang~ oh gini tebak-tebakan, oh boleh juga, lumayan lah gue ketawa haha hihi cuman gegara ngomongin cara pipis yang bener. Ya walaupun jokes nya banyak yang gak ngerti~ la iya pantes, orang gue cuma nonton episode itu doang. Daaan setelah kesan pertama nonton, yup seperti tebakan kalian, gue masih belum ada minat nonton. Alesannya karena kuota gue udah ke carter drakor ongoing, kalo ditambah beban download varshow ya bisa-bisa malah ngutang.
Di pertengahan tahun 2018 ketika My ID is Gangnam Beauty tamat serta berkat visual Cha Eun-woo yang bikin gue susah move on, gue ada hidayah buat nyari varshow yang ada si Eun-Woo ini daaaaan tentu aja gue menemukan kalo si Soo-hyang dan si Eun-woo ini pernah jadi guest Knowing Brother buat promosi ntu drama, alhasil gue memberanikan diri buat donlot Knowing Brother. Di kedua kali nonton Knowing Brother barulah gue tertarik buat download episode yang lain. Dengan mengandalkan Kuota Kalong (read: Midnight) gue berjuang melawan hukum alam (ngantuk) demi donlot semua episode Knowing Brother.
Seakan langit gak berpihak ke gue, sial! link episode awal-awal nya mati ~mungkin Alloh marah ke gue karena bukannya solat tahajud, gue malah nyari link donlot, oke gue akuin gue salah hihi. Nyari-nyari ke berbagai situs (situs tetangga, situs sejarah, situs... situs palsu) pun tak ada hasil. Wtf~ kemarahan gue memuncak, ngapain gue bela-belain bangun tengah malem tapi tak ada hasil. Memang JTBC itu termasuk yang tertib soal urusan copyright. Telat berapa minggu aja lo ketinggalan drakor JTBC pas lo mau nyari link donlot rata-rata udah pada diblok. Balik lagi ke laptop~ masih dengan amarah yang belum reda gue mutusin buat nyari lagi episode-episode yang agak baru. Ah! tenyata ada link yang masih idup, Alhamdulillah langsung sedot lah. Sekedar info, waktu itu gue nemu link episode 120an keatas. Lumayan  buat mengisi kegabutan. Karena konsepnya ini unik, gue jadi nagih buat nontonin ampe selesai. Semenjak tulisan ini dibuat jumlah episode nya udah mencapai 168  episode. Hari-hari berikutnya gue beruntung nemu link donlot yang lumayan lengkap walaupun agak bolong-bolong di episode awal, tapi gapapa lah.
Sebenernya agak stuck juga pas donlot episode-episode awal. Selain nyarinya susah, link download yang tersedia kebanyakan cuma engsub atau raw. Kayanya subber indo rada males ngesub episode awal-awal ini. Akhinya dengan bermodalkan bahasa inggris yang pas-pasan gue nyobain nonton. Pendapat gue pas selesai nonton episode 1-13 sih agak berantakan yaaahh tapi lumayan lah kayak varshow pada umumnya. Nah di episode ini member semacam  bereksperimen. Mereka dikasih pertanyaan misalnya bisa nggak sih telor mateng cuma pake panas matahari, nah nanti member bereksperimen nyobain matengin telor pake panas matahari (contoh doang XD). Sempet kaget juga entah di episode berapa ada adegan member pelukan cuma pake kolor (half naked gitu). Agak geli plus jijik aja om-om pelukan gak pake baju pula (XD haha). Menurut gue sebagai penonton yang haus akan hiburan, ide nya sih udah lumayan cuman ngemasnya aja kurang nendang, jadi kesannya flat-flat aja. Mungkin itu salah satu alasan varshow ini awalnya kurang diminati (sotoyyyy). Yang paling disayangkan (sayang?) dua member yaitu Hwang Chi-Yeul dan Kim Se-Hwang memutuskan hengkang dari varshow ini .
Lanjut gue nonton episode 14-16 yang katanya ganti format dari Ask Us Anything menjadi Mental Victory Battle. Kalo lo nanyain pendapat, menurut gue ~haduuh apaan dah (sambil tepok jidat) beneran ini formatnya jadi gini, gak seru, apaan sih, begitulah kira-kira keluhan gue. Diformat ini member dibagi dua kubu dan Kang Ho-Dong didaulat menjadi MC utamanya. Disini para guest stars dikasih liat foto-foto artis. Kalo si guest ngerasa si artis yang ada di foto jauh lebih oke dari dia sendiri, mereka harus ngasih jempol keatas nah sebaliknya kalo lebih buruk dari dia maka dikasih jempol kebawah. Intinya saling nyerang mental lawan ataupun kubunya. Trus diakhir acara member ngadain voting buat nentuin siapa pemenang Mental Victory Battle episode itu. Oiya, mulai episode 15 Lee Sang-min jadi member tetap Knowing Brother.
Usut punya usut nih karena rating yang kurang memuaskan, Knowing Brother sempet mau stop aja di episode 20. Tapi untunglah sebelum episode 20 mereka ganti format sebelumnya menjadi Brother School, jadilah Knowing Brother yang kita kenal sekarang ini. Pilihan tepat mengingat Mental Victory Battle menurut gue kurang cocok diterapkan bagi member tetap Knowing Brother ini. Jujur di mulai dari episode 17 gue mulai menikmati varshow ini, sederhana namun sangat mengibur. Ceritanya mereka jadi anak sekolahan, nah member tetap bertindak sebagai siswa di Brother School sedangkan guest bertindak sebagai murid pindahan. Karena mengambil latar anak sekolah, mereka harus menggunakan bahasa banmal (non formal) layaknya teman sebaya. Bayangkan aja maknae line macam Hee-chul dan Kyung-hoon manggil Kang Ho-dong yang paling tua cuma pake nama doang (Ho-dong~ah) tanpa embel-embel ‘hyung’. Dengan format Brother School gue ngerasa member bisa lebih mengekspos dirinya, ya walaupun sebenarnya tiap member ceritanya punya karakter masing-masing. Di format Brother School ini dibagi 2 segmen, segmen pertama terdiri dari perkenalan guest stars, pembacaan formulir pendaftaran, dan acara inti yaitu Guess About Me. Dalam sesi pembacaan formulir biasanya guest ditantang buat unjuk bakat unik mereka. Sedangkan guess about me merupakan sesi tanya jawab antara member dan guest stars. Yang unik di sesi ini menurut gue adalah pertanyaan yang tak terduga seputar kehidupan pribadi guest itu sendiri. Kadang bikin ngakak kadang bikin terharu kadang bikin keder(?). Yang pernah nonton pasti tau maksud gue. Selanjutnya, di segmen ke-2 ini biasanya berubah-ubah jika di episode awal-awal brother school ini memparodikan film Beauty Inside, mereka sih ngasih judul There No’s (No Concept, No Basis, No Script) biasanya para member gantian memerankan tokoh suami, ayah, atau pacar guest cewek ~asli kocaaaakk banget, kemudian ada juga segmen yang nebak-nebak lagu (Songstagram), 99 Second Team Work Competition dan banyak lagi jenisnya.

About Member
Yang membekas di otak gue pas inget member Knowing Brother itu: Kang Ho-dong dengan kebuasan dan puring(?) hitamnya, Seo Jang-hoon dengan perceraian dan bangunannya, Kim Young-chul dengan lawakan garingnya, Lee Sang-min dengan hutangnya, Lee Soo-geun dengan kasus judinya, Kim Hee-chul dengan sifat psyco nya, dan Min Kyung-hoon dengan kepolosan dan otak ngeresnya (hahha).
Awalnya cast tetap Knowing Brother terdiri dari Kang Ho-dong, Seo Jang-hoon, Kim Young-chul, Lee Soo-geun, Kim Hee-chul, Hwang Chi-yeul, dan Kim Se-Hwang. Min Kyung-hoon baru gabung di episode 2. Namun di episode 6 Hwang Chi-yeul mundur dengan alasan ingin mengembangkan sayap permusikannya di Tiongkok, disusul oleh Kim Se-hwang yang entah dengan alasan apa malah ikut-ikutan mundur di episode 7. Setelah beberapa minggu berjalan dengan 6 member, barulah Lee Sang-min join jadi member tetap di episode 15.

1.        Kang Ho-dong


Kang Ho-dong (lahir 11 Juni 1970) merupakan MC, komedian, dan juga mantan pegulat ssireum (widiihh) nggak heran kalo ceritanya doi jadi ketua geng di Brother School. Musuh utama Ho-dong ini yaitu siapa lagi kalo bukan Hee-chul dan Kyung-hoon yang sering banget bikin dia kesel. Mulai dari ngejekin dia tentang rivalitasnya bersama Yoo Jae-suk ataupun ngejek tentang kasus penggelapan pajaknya dulu. Oiya, di Brother School ini si Ho-dong ceritanya punya rival yupp si raksasa Jang-hoon. Di salah satu episode mereka juga pernah ngadain voting yang mana yang paling ganteng diantara Ho-dong dan Jang-hoon (ngakak) hasilnya Ho-dong yang menang. Ho-dong juga dikenal punya banyak korban akibat kegalakannya disejumlah varshow. Salah satu yang paling sering diangkat adalah Strong Heart dan Star King. Jargon khasnya yaitu Ah~ Hyu~, SsaPongPiPong (Do you want to fight? Do you want to bleed?), Ajuu Jinjja Nae (aku memujimu), dan paling terbaru adalah hmm~ obseoseo (dengan gaya Seo Taiji =D).

2.        Seo Jang-hoon


Seo Jang-hoon (lahir 3 Juni 1974) merupakan mantan pemain timnas basket Korea Selatan. Ceritanya dia disini jadi siswa paling kaya, pintar namun sombong. Si Jang-hoon ini juga didaulat menjadi ketua kelas Brother School selama 2 periode berturut-turut. Musuh utamanya adalah Soo-geun. Selain sering banget disinggung soal perceraiannya, Soo-geun ini sering banget ngejekin Jang-hoon tentang apapun. Kalo udah ngerasa nggak sanggup biasanya si Jang-hoon ini suka kabur dari kelas dan kalo mau masuk biasanya suka tiba-tiba nongol di area(?) jendela. Jang-hoon ini jago banget jawab pertanyaan di Guess About Me, kalo misalnya jawabannya bener ia langsung ngeluarin pose andalannya yaitu berdiri pose menembak bola basket ke arah jimmy-jib atau cuma nunjukin muka doi ke jimmy-jib sambil dadah-dadah (apaan dah).

3.        Kim Young-chul


Kim Young-chul (lahir 23 Juni 1974) merupakan penyanyi sekaligus komedian Korea Selatan. Ceritanya di Brother School dia yang paling ngebosenin, semacam anak yang sering dibully gitulah. Tapi menurut gue dia ini berperan besar ngebuat orang lain nampak menonjol dan sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Young-chul ini paling takut sama Ho-dong dan sering banget nurut apa kata Ho-dong. Lawakannya yang paling terkenal adalah D.A.N.G dang~dang~dararang dang dang dang dang (sambil buka kacamata diiringi melody khasnya). Aslinya dia duduk paling depan tapi kalo ada guest pasti langung pindah ke barisan paling belakang (kasian =D).
Young-chul Versi Depan
Young-chul Versi Belakang

4.        Lee Soo-geun


Lee Soo-geun (lahir 10 Februari 1975) merupakan komedian Korea Selatan. Karakternya di Brother School adalah sebagai tangan kanan Ho-dong. Kalo soal jokes Soo-geun ini paling jago, bisa dibilang doi ini yang paling lucu diantara member yang lainnya. Doi punya tugas khusus yaitu membacakan formulir pendaftaran para guest, selain itu dia didaulat jadi seksi pendidikan di Brother School. Soo-geun sering jadi bahan ejekan Hee-chul karena kasus judinya dulu (hahaha).

5.        Kim Hee-chul


Kim Hee-chul (lahir 10 Juli 1983) merupakan aktor, model, dan member boyband Super Junior. Di Brother School dia yang paling blak-blakan entah itu tentang masa lalu guest ataupun kasus member Knowing Brother sendiri. Hee-chul ini deket banget sama Kyung-hoon dan sampe bikin grup duet Universe Coward. Mereka juga sering banget nunjukin bromance dan Hee-chul ini jago banget niruin cara nyanyi Kyung-hoon. Yang paling bikin ngakak Hee-chul ini sering dandan bak cewek (emang cakep dah beneran, gue aja cewek tulen berasa kalah) dan jago banget niruin dance Girlgroup Korea. Doi jago banget nebak judul lagu beserta tahun rilis cuma dari nada awalnya (google aja pasti kalah).

6.        Min Kyung-hoon


Min Kyung-hoon (lahir 6 Oktober 1984) merupakan vokalis dari band Buzz. Polos namun berotak ngeres menambah keragaman karakter di Brother School. Jawaban spontan namun ambigu juga jadi daya tarik tersendiri. Gegara karaktenya ini Kyung-hoon sering dijuluki sampah (=D). Julukannya yang paling terkenal adalah Ssamja, alesannya karena pernah dulu waktu manggung dia salah lirik yang harusnya Namja (laki-laki) menjadi Ssamja (?). Ssamja ini punya keahlian luar biasa dalam hal keseimbangan (doi muter-muter tapi masih bisa jalan lurus) dengan syarat telunjuknya harus ngacung(?) jadilah dia dijuluki Snail Min. Doi juga punya julukan Kang Ho-dong Sniper gegara ia selalu berhasil ngalahin Ho-dong dalam hal apapun. Selain vokalnya yang patut diacungi jempol, kemampuan dance Ssamja ini juga patut diacungi jempol (?). Ssamja juga didaulat sebagai seksi kebersihan di Brother School.

7.        Lee Sang-min


Lee Sang-min (lahir 3 Februari 1973) merupakan penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman. Karakternya sebagai pemurung, menyedihkan dan paling menderita menjadi pelengkap karakter di Brother School. Selain Jang-hoon, Sang-min juga salah satu member yang sering dibully menyangkut masalah perceraian. Selain itu, masalah utang-piutang Sang-min juga termasuk bahan candaan para member. Karena duduk paling belakang, doi jarang banget kesorot kamera. Soo-geun bilang Sang-min ini sering banget ngomong sendiri di belakang, namun sebenernya dia lagi ngejawab pertanyaan cuman ngomongnya aja pelan. Oleh karena itu doi suka auto berdiri kalo mau jawab pertanyaan guest.
Sang-min Auto berdiri

Former Member
1.        Hwang Chi-yeul

Hwang Chi-yeul (lahir 3 Desember 1982) merupakan penyanyi asal Korea Selatan. Sempet yang sayang banget dia mutusin keluar dari Knowing Brother. Disalah satu episode knowing brother yang ia jadi guest dia bilang agak nyesel waktu itu mundur dari Knowing Brother, dan seharusnya tempat duduk Sang-min adalah milik dia (elah bang).

2.        Kim Se-hwang

Kim Se-hwang (lahir 16 November 1971) merupakan gitaris, singer-songwriter dan arranger. Menurut gue dia ini yang paling gak punya kesan apapun, mungkin karena kemunculannya yang singkat, doi juga gak pernah keliatan ngomong atau ngeluarin pendapat tentang apapun, paling dia cuma ketawa sambil tepuk tangan kalo denger jokes member lain (hmm). Oiya, ada salah satu scene yang buat gue agak heran dan mikir, yaitu pas dia ngebanting gitar yang menurut gue ~aduh si om ngapain sih bikin kaget aja.

Sekian curhatan + review gue, intinya Knowing Brother ini menurut gue merupakan tontonan wajib penikmat varshow Korea Selatan. Tapi yaaa yang namanya selera kan beda-beda, ada yang bilang garing atau apapun ya terserah. Mohon maaf bila banyak kesalahan penulisan atau apapun. Silahkan jika ingin ada yang berkomentar, memberikan kritik atau sarannya. Terimakasih 😊

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tentang Knowing Brother + Review Ala-ala"

  1. aku juga fans baru knowing brother
    nonton karena Heechul sih
    tapi seru juga
    sayangnya sekarang link episode lama makin ngilang ㅜㅜ
    di blog yang kemarin lusa masih ada linknya pun sekarang udah dihapus semua (*syedih)

    btw, menurutku karakter kim om Sehwang serem ih. masa kan dia suka ketawa doang tuh ya ngomong juga pelan banget
    eh tau tau nggebukin gitar ke kaca (sambil ketawa pula)dan nggetok kepala Youngchul pake sosis (masih sambil ketawa juga) lol
    serem,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih kalo nanya temen rata2 nonton itu gegara ada Heechul nya...
      nah itu dia kalo gak buru2 download pasti entah bbrp hari aja udah langsung ngilang, tapi kemaren2 aku nemu blog yang lumayan lengkap trus episode lama juga link nya masih aktif..

      wkwkwkkk lah iya tuh kasian Youngchul, digebukin pake sosis ampe belah sosisnya

      Delete
    2. di youtube sekarang banyak kok, lengkap malah

      Delete
    3. Betul... kalo sekarang ku liat emang banyak yg upload.. bahkan banyak yg upload 1 episode penuh di Youtube..

      Delete